Berangkatkan 1.990 Masyarakat Ikut Mudik Gratis

0
175
Masyarakat mengikuti program mudik gratis dari Kementerian BUMN. F-Raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sebanyak 1.990 masyarakat Tanjungpinang mengikuti program mudik gratis antarpulau yang diselenggarakan Kementerian BUMN.

Tahap pertama, 523 pemudik gratis diberangkatkan dari Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang menuju antarpulau di Kepri, Selasa (28/5) pagi.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun memantau pelaksanaan serta mengecek dan melepas masyarakat yang mengikuti program mudik gratis.

Ia berharap masyarakat senang dan sampai ke tujuan dengan selamat serta bahagia berjumpa dengan ke luarga yang dikunjungi di kampung halaman.

Ia menilai elayan dan pengaturan cukup bagus, ini lah bentuk kehadiran negara terhadap kepentingan masyarakat.

“Semoga tiap tahun ini akan ditingkatkan lagi jumlah pemudik gratis,” katanya.

Lanjutnya, dari segi pelayanan nantinya akan ditingkatkan lagi seperti lampu, pendingin ruangan dan tangga untuk naik penumpang.

Selain itu tak kalah penting, memastikan bahwa kapal sudah layak berlayar serta ketersediaan fasilitas kapal sudah memadai.

“Penumpang juga harus menjaga fasilitas yang ada dan juga tidak membuang sampah ke laut serta tidak merokok dalam ruangan,” jelasnya.

General Manager PT Pelindo I Tanjungpinang, Arif Indra Perdana mengatakan, mudik gratis antarpulau di Kepri hingga ke Riau merupakan program Kementerian BUMN yang diselenggarakan untuk membantu warga yang ingin mudik menjelang Idul Fitri.

“Hari ini KM Sabuk Nusantara mengangkut sebanyak 523 penumpang menuju Tambelan, Sintete dan Selat Lampa,” sebutnya.

Arif menyebutkan, besok, Rabu (29/5) juga ada mudik gratis 1.147 dengan tujuan Karimun, Dumai, Lingga, Sebayang.

“Pada 1 Juni ada 320 dengan menggunakan kapal Dumai Expires,” jelasnya.

Ia menuturkan, jumlah mudik gratis ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu sekitar 1.000 orang.

“Sebenar kita juga mau buka di Kijang namun jadwal dari Pelni belum ke luar jadi tahun ini di fokuskan di Tanjungpinang,” ujarnya.(ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here