Berantas Pungli Meski Pemberinya Ikhlas

0
612
Ekspos kasus: Kapolda Kepri Sam Budigusdian saat ekspos kasus pungli hasil tangkapan Tim Saber Pungli beberapa waktu lalu. F-dokumen/tanjungpinang pos

Yg namanya pungutan liar (Pungli), bukankah pungutan yg tdk diatur didalam UU, PP maupun perda, meskipun yg dipungut mengaku iklas ketika dimintai keterangan oleh aparat ???… Sebenarnya perintah Presiden RI Jokowi, Sapu bersih pungli (Saber pungli), Sabar ya pungli, atau yg pungli dan hasil pungli disambar lagi ???…
+6281270319696

Tanggapan:
Tim Saber Pungli yang dibentuk Polda Kepri bersama instansi lain pada tahun 2016 sudah berhasil menetapkan 24 tersangka dari 15 kasus pungli. Para tersangka itu terjerat kasus di wilayah Kepri. Sementara barang bukti yang dikumpulkan, sekitar Rp135.730.000.

Kasus-kasus pungli ini ditangani penyidik Polda Kepri, penyidik Polres dan Polresta di Kepri. Untuk Pungli yang penangkapan dilakuakan aparat Polda ada beebrapa kasus diantaranya pada Oktober 2016.

Saat itu tim Saber Pungli Polda Kepri mengamankan dua orang berikut uang sisa pembayaran sebesar Rp2 juta di Ruko Botania Batam. Mereka diamankan karena pungli terhadap calon TKI yang hendak dikirimkan ke Malaysia.

Masih bulan yang sama, Oktober 2016 Tim Saber Pungli Polda Kepri membongkar praktik punggutan liar di Dinas Kependudukan Kota Batam dengan barang bukti Rp3.184.000. Dua tersangka ini, kini sudah menjalani persidangan.

Dua bulan kemudian, tepatnya Desember 2016, tim kembali mengamankan dua orang di Green Land Batam. Kedua orang itu melakukan pemerasan pada seorang pengusaha Batam dengan barang bukti uang Rp7 juta.

Sementara 17 Februari 2017, Tim Saber Pungli Polda Kepri membongkar praktik punggutan liar di Pasar Bintancenter Tanjungpinang dan mengamankan dua tersangka beserta uang Rp16 juta. kasus pungli terbaru yang diungkap Polda kepri yakni kasus pungli di pelabuhan Batuampar, yang tersangkanya dari Syahbandar BP Batam.

Sementara kasus yang ditangani Polres Barelang diantaraya pungli di Pasar Cipta Puri pada Oktober 2016. Pelakunya yang diamankan, seorang anggota Polsek Sekupang dengan barang bukti Rp4,750 juta . Anggota polisi di Pos Polisi Simpang Dam Mukakuning juga diamankan pada bulan berikutnya, karena pungli. Diamankan barang bukti uang Rp400 ribu.

Terakhir, Polresta Barelang mengungkap pungli di Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, bulan lalu. Dimana, diamankan dua orang tersangka dengan barang bukti, uang Rp82,152 juta.

Selain dari Batam, ada juga dari Polres Tanjungpinang, yang mengungkap tiga kasus pungli. Pungli itu diantaranya, yang berlangsung 5 April 2017 di Kantor Pertanahan Tanjungpinang. Satu orang tersangka diamankan berikut barang bukti Rp3 juta.

Pungli lain yang berhasil diungkap, terjadi di area parkir Wihara Patung Seribu. Dari dua tersangka dan uang Rp236 ribu. Sementara pungli yang diamankan ketiga kali, terjadi di Pelabuhan Sri Bintan Pura dengan satu tersangka dan barang bukti Rp2,6 juta. Di Bintan, tim saber Pungli Bintan mengungkap pungli di SMK 1 Bintan. Diamankan satu tersangka dan barang bukti Rp8,532 juta.

“Di Polres Karimun juga ada. Tim Saber Pungli mengamankan pungli tanda masuk objek wisata pantai Pongkar. Diamankan dari dua tersangka uang Rp1,341 juta,” kata Kapolda.

Sementara pungli lain yang diamankan sama dengan terjadi di Pantai Pongkar. Dimana, pengungkapan pungli terjadi di objek wisata Pantai Pelawan, dengan dua tersangka dan barang bukti Rp3,177 juta.
Polres Lingga pengungkapan pungli di atas Kapal Roro yang berlayar menuju Batam.

Diamankan satu tersangka serta bukti hasil pungli Rp1,030 juta.? Sementara di wilayah Polres Natuna, diamankan dua tersangka pungli dengan barang bukti Rp328 ribu. Dari kabupaten/kota di Kepri, Anambas yang belum ada tangkapan kasus pungli. (mbb)

Irjen Pol Sam Budigusdian
Kapolda Kepri,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here