Berapa Biaya Bikin SIM

0
657
Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi kepri Reni Yusneli saat meninjau pelaksanaan razia pajak kendaraan bermotor beebrapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

MBS Kepada Yth Bapak AKP SULAM Kasat Lantas Polres Tanjungpinang Berapa biaya perpanjang SIM B1 Umum dan SIM UMUM lain nya Pak Masalah nya di kantor yg tertulis biaya buat baru dan perpanjangan sim biasa atau bukan yg umum
+628126133040

Kendaraan Melawan Arus
MBS; Pak Polantas Yth, Banyak Pengendara Motor yang selalu lawan arus di jalan Tambak. Sering Ada Tabrakan. Tak punay SIM tu. Tolong Pak diitindak. Supaya Jalan aman. Trims
+6285837826423

TANGGAPAN:
Permohonan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di kantor Polres Tanjungpinang kini cenderung meningkat dan lonjakanya mencapai 50 persen.

Peningkatan pembuatan SIM, salah disebabkan karena kepolisian rutin menggelar razia kendaraan bermotor. Kebanyakan pengendara yang ditilang karena tidak memiliki SIM.

Kasat Satlantas Polres Tanjungpinang, AKP Krisna Yowa Rahmadahni mengatakan, untuk pemohon pembuatan SIM meningkat sekitar 50 persen jika dibandingkan dengan hari biasanya, sebelum digelarnya razia kendaraan.

Banyak pengendara yang ditilang akibat tidak memiliki SIM saat Operasi Zebra ini. Saat ini di Satlantas Polres Tanjungpinang permohonan pembuatan SIM terjadi lonjakan signifikan.

di hari biasa permohonan SIM paling sekitar 20 pemohon saja, tapi setelah digelar razia kendaraan, meningkat mencapai 40 hingga 50 orang pemohon per harinya. Usia para pemohon mulai dari 25 tahun yang paling banyak membuat SIM. ”Untuk usia 17 tahun masih sedikit yang mengajukan permohonan pembuatan SIM.

Kami berharap masyarakat seharusnya tidak menunggu digelarnya razia baru ada mau mengurus SIM. Seharusnya sejak menginjak umur 17 tahun, bagi pengguna roda 2 maupun roda 4 sudah ada kesadaran ingin memiliki SIM.

Biasanya masih ada pengendara yang tidak memiliki SIM dan tidak menggunakan helm ganda.

Untuk pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa dilakukan di mobil SIM keliling dan tetap buka dihari Sabtu yang mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00.

Mobil SIM Keliling mulai dari Kamis sampai Sabtu berada di Jalan Merdeka.

Untuk di daerah ini kita tiga hari dengan jam yang berbeda pada Kamis kita sampai pukul 13.00, Jumat 11.30 dan Sabtu 12.00.

Pelayanan SIM keliling hanya untuk perpanjang saja. Persyaratan perpanjangan SIM juga cukup mudah yakni hanya membawa fotokopi KTP dan SIM asli yang masih berlaku dan surat kesehatan.

Masyarakat bisa langsung mengisi formulir yang kemudian datanya akan diinput oleh petugas yang bertugas. Mobil ini memang dirancang untuk melayani pembuatan SIM perpanjangan. Sembari melakukan input data, petugas juga akan melakukan proses sidik jari, dan pembambilan foto.

Dengan SIM keliling prosesnya tidak lama. sekitar 15 menit SIM sudah jadi.

Pos pelayanan dibagi menjadi dua lokasi. Mulai Senin hingga Rabu, pelayanan SIM keliling berada di Batu 9. Di kawasan Pasar Tanjungpinang mulai Kamis hingga Sabtu. Mobil ini dapat ditemui di sekitar Polsek Tanjungpinang Kota.

Kita sudah menerapkan terapkan sistem online dalam pembuatan surat izin mengemudi (SIM), Rabu (21/2).

Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Tanjungpinang sudah terkoneksi dengan satpas-satpas yang ada di Indonesia.

Terhitung tanggal 2 Januari 2018 untuk penerbitan SIM baru dan perpanjangan sudah bisa dilayani secara online. mudah-mudahan ini bisa membantu masyarkat dalam hal perpanjangan SIM sehingga apabila ada masyarakat Jakarta yang sedang berada di Tanjungpinang namun masa SIM nya akan mati maka bisa memperpanjang di Satlantas Polres Tanjungpinang.

Dapat diperpanjang di Satlantas Tanjungpinang tanpa melihat KTP asal, yang terpenting daerahya itu juga sudah online.

Kasat menjelaskan, dalam pembuatan sim online prosedurnya kesemuanya sama seperti KTP dan membayar PNBP sedangkan test tertulis sekarang sudah online sehingga hasil tes dapat diketahui oleh korlantas.

Setelah semuanya lulus baru bisa membuat sim baru, sedangkan untuk perpanjangan tidak mengikuti tes. Dengan adanya SIM online mengurangi para calo di Satpas sehingga pelayanan masyarakat dapat dilayani dengan maksimal. Jam operasional mulai dari Senin sampai dengan Sabtu dari pukul 08.00-14.00.

Untuk website online masih kita kembangkan, kita masih fokus dalam perkembangan smart alarm sistem yang nantinya bisa diakses melalui handphone.

Biaya pembuatan sim SIM A (baru) sebesar Rp 120.000 dan perpanjangan Rp 80.000, SIM C (baru) Rp100.000 dan perpanjangan Rp 75.000. SIM BI (baru) Rp120.000 dan perpanjangan Rp 80.000. SIM BII (baru) Rp 120.000 dan perpanjangan Rp 80.000. SIM CI (baru) Rp 100.000 dan perpanjangan Rp 75.000. SIM CII (baru) Rp 100.000 dan perpanjangan Rp 75.000. SIM D (baru) Rp 50.000 dan perpanjangan Rp 30.000. SIM DI (baru) Rp 50.000 dan perpanjangan Rp 30.000. (ray)

AKP Krisna Yowa Rahmadhani
Kasat Lantas Polres Tanjungpinang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here