Berapa Biaya Bikin SIM?

0
1464
Razia: Polisi memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan bermotor di razia yang digelar di Bintancenter beberapa wakltu lalu. f-dokumen/tanjungpinangpos

MBS Kepada Yth Bapak Kasat Lantas Polres Tanjungpinang Berapa biaya perpanjang SIM B1 Umum dan SIM UMUM lain nya Pak Masalah nya di kantor yg tertulis biaya buat baru dan perpanjangan sim biasa atau bukan yg umum
+628126133040

Perpanjangan SIM di Tanjungpinang
MBS Met pagi kpd kastlantas. Sy Mau tanya sim saya bln 12 ini mati sim btam. Apakah bisa perpanjng di tanjung pinang ? Thks.
+6281277271719

Bikin Baru Atau Perpanjangan SIM?
MBS Kepada KASATLANTAS, saya mau tanya, mengurus perpanjangan SIM yg sudah lewat batas 6 bln (blum 1th) apakah harus mengurus SIM baru atau cukup perpanjang sja? Trimaksih atas jawabannya, kmarin sya urus di mobil SIM keliling kata petugas hrus ngurus baru lagi di kantor Polres.
+6285278187454

TANGGAPAN:
POLRES Tanjungpinang tetap menghargai surat keterangan pengganti KTP-el yang belakangan ini ada kendala dengan pencetakan KTP-el. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/10231/DUKCAPIL tertanggal 29 September 2016 dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor : 471.13/11691/DUKCAPIL tertanggal 3 November 2016.

Sat Lantas Polres Tanjungpinang tetap mempermudah warga yang ingin membuat SIM dengan melampirkan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanjungpinang. Pembuatan SIM di Satlantas Polres Tanjungpinang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Namun masyarakat juga harus melengkapi persyaratan, misalnya, fotokopi KTP-el (atau surat keterangan pengganti KTP-el), mengisi formulir permohonan, sehat jasmani dan rohani dan lulus ujian teori serta praktik.

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan KTP-el dari pihak Disdukcapil, Satlantas Polres Tanjungpinang mempermudah. Bagi masyarakat yang ingin membuat SIM baru dan perpajangan cukup melampirkan surat keterangan dari Disdukcapil yang sudah di cap basah.

Selain pelayanan di Kantor Satlantas, perpanjangan SIM juga bisa dilakukan masyarakat di mobil SIM keliling yang disediakan Satlantas Polres Tanjungpinang. Jadwal pelayanan SIM keliling ini mulai pukul 08.00 hingga pukul 13.00 untuk hari Senin sampai Kamis. Sedangkan hari Jumat sampai jam 11.00 dan Sabtu mulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00.
Pos pelayanan dibagi menjadi tiga lokasi. Mulai Senin hingga Rabu, pelayanan SIM keliling ini mangkal di seberang Karaoke Keluarga Bagio.

Mobil ini kemudian pindah lokasi di kawasan Pasar Tanjungpinang mulai Kamis hingga Sabtu. Mobil ini dapat ditemui di sekitar Polsek Tanjungpinang Kota. Bagi pengendara yang ingin memperpanjang SIM cukup membawa fotokopi KTP dan SIM asli yang masih berlaku. Bagi SIM yang sudah lewat batas waktunya tidak dapat layani di mobil SIM keliling. Untuk memastikan keaslian identitas pemohon KTP dan menghindari pemalsuan, Polres Tanjungpinang juga memiliki kebijakan untuk menyertakan fotokopi kartu keluarga bersama surat keterangan pengganti KTP tersebut. Kegiatan ini untuk mengakomodir masyarakat yang tingkat aktivitasnya tinggi. Jadi pas hari libur mereka bisa memanfaatkan waktu untuk mengurus perpanjangan SIM baik itu SIM A dan SIM C,” ujarnya. (cr26)

Kasat Satlantas Polres Tanjungpinang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here