Beras Kundur Siap Pasok Kebutuhan Pasar

0
295
Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim berbincang dengan pengelola lahan pertanian di Kundur. F-alrion/tanjungpinang pos

KARIMUN – Beras merk Aura akan menjadi beras lokal Karimun pertama. Pasokan beras ini akan membantu ketersediaan beras dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Pasokan beras Aura sudah dilaunching Bupati Karimun Aunur Rafiq, Minggu (1/4) lalu.

Launching produk beras lokal merk Aura dilaksanakan di Desa Teluk Radang, Kundur Utara, Karimun disejalankan dengan peresmian kawasan bio industri padi atau tempat penggilingan padi menjadi beras. Gedung penggilingan padi dibangun melalui APBD Karimun tahun 2017 dan mesin bantuan dari Kementerian Pertanian.

”Untuk tahap awal diproduksi 25 ton, dalam kemasan 10 Kg. Per kilogram Rp 12 ribu, harga ini sangat terjangkau dibandingkan dengan harga beras dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Untuk sementara, beras Aura dipasarkan disekitar pulau Kundur,” kata Aunur Rafiq.

Kawasan Bio Industri Padi, menjadi tempat produksi gabah menjadi beras. Gabah yang diolah menjadi beras tidak hanya dari Pulau Kundur, termasuk dipasok dari Penyalai, Pelalawan. Karena jaraknya yang begitu dekat, sesama petani bisa saling berkomunikasi. Tambah Rafiq

Target ke depan, adalah bercocok tanam padi di areal 50 hektar. Untuk meningkatkan produksi beras, jika mampu memenuhi pasokan masyarakat Pulau Kundur. Tidak menutup kemungkinan akan memasok beras ke Pulau Karimun, sehingga harga beras normal dikisaran Rp 13 ribu per kilogram.

Kepada petani, ia berpesan semakin meningkatkan lahan pertanian. Segala kendala penanaman, dan penyakit tanaman dapat dikonsultasikan dengan pihak tenaga penyuluh pertanian. Sehingga hasil setiap tahun dapat merata dan dibagi, tidak ada perselisihan yang timbul dibelakang hari. Tambah dia,

Jelang Ramadan, Kementerian Perdagangan menginstruksikan untuk melaporkan stok sembako dan harga. Untuk memudahkan pengawasan dan pengendalian harga barang dipasaran.

”Saban hari, distribitor selalu melaporkan stok dan harga barang dipasar, data sementara ini bahwa stok sembako dan lainnya dibumi berazam Karimun masih mencukupi sampai 3 bulan mendatang,” kata Aunur Rafiq. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here