Beras Mulai Langka di Natuna

0
631
BERAS Bulog yang tersedia di Natuna, baru-baru ini. F-hardiansyah/tanjungpinang pos

NATUNA – Gerak cepat mengantisipasi kelangkaan beras, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Natuna segera mengadakan kembali Operasi Pasar. Kadisperindag Natuna Helmi Wahyuda menuturkan, saat ini pihaknya masih terus intens memantau perkembangan ketersediaan dan harga beras.

”Untuk sementara kelangkaan sembako yang terjadi sekarang ini pada komoditi beras. Dan kita terus memantau ketersediaan stok beras dan harganya. Untuk itu, dalam minggu ini kita akan adakan rapat guna pembahasan rencana Operasi Pasar Beras,” kata Kadisperindag Helmi Wahyuda saat dihubungi melalui selulernya, Rabu (21/2).

Baca Juga :  Bayi Usus Terburai Dipanggil Amat

Ia mengaku, saat ini untuk sementara kelangkaan sembako yang terjadi adalah beras. Sedangkan untuk kebutuhan lain masih mencukupi. ”Jadi kelangkaan beras yang terjadi saat ini, dikarenakan kemarin banyak pengusaha kita melaksanakan Imlek. Untuk itu guna mengantisipasi kelangkaan dalam beberapa hari ke depan, kita bersama Bulog akan melaksanakan operasi pasar,” jelasnya.

Dijelaskannya, sekarang kebutuhan beras dalam kurun waktu sebulan bisa mencapai 650 ton. Selain itu pihaknya juga telah mengecek harga beras mulai dari yang paling murah Rp 13.000/Kg dengan merek Walet. Dan harga yang paling tinggi mencapai Rp 16.000/Kg yaitu Merk A1, Panda dan Anggur.

Baca Juga :  Antisipasi Aksi Teror Harus Setiap Saat

Sebetulnya untuk stok beras saat ini di Gudang Bulog Ranai ada sekitar 130 ton, di Gudang Bulog Sedanau 70 ton, dan di distributor dan pedagang seperti Cuanho ada sekitar 15 ton. Sumber Rezeki ada 14 ton, Ahen ada 40 ton (20 ton sisa, 20 ton sudah disaluran ke pengecer), Asui 20 ton. Dan yang masih dalam perjalanan di pedagang Sumber Rejeki ada 710 sak dan Yuyut ada 10 ton. ”Insya Allah bulan ini stok beras kita cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelasnya. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here