Berawal Dari Hobi, Kini Jadi Bisnis

0
147
Vita saat mempraktikkan teknik rias di acara Beauty Class yang digelar baru-baru ini di Hotel Aston Tanjungpinang. f-istimewa

Dwi Vita, Dosen Dan Make-Up Artist Profesional Berbagi Ilmu

Ketika kuliah, teman-temannya mengira Dwi Vita Lestari Soehardi M.Pd selalu pergi ke salon kecantikan untuk mekap wajahnya. Padahal tidak. Dwi Vita mekap sendiri dan memang hasilnya selalu membuat kagum.

TANJUNGPINANG – HOBI mekap saat kuliah, ini juga yang mengantarnya menjadi pebisnis di bidang tata rias kecantikan. Tak hanya itu, Vita, panggilan akrabnya sudah diundang menjadi pembicara di beberapa daerah di Indonesia. Wanita cantik tersebut tidak mau keahliannya di bidang tata rias ini menjadi bisnis semata untuknya. Namun ia ingin berbagi ilmu agar muncul kaum wanita lain yang kelak jadi pebisnis di bidang kecantikan.

Karena itu, Vita sudah tiga kali melakukan seminar Beauty Class dan selalu berhasil karena pesertanya membeludak.

Karena banyak permintaan dari kaum perempuan yang ingin mendapatkan ilmu tata rias, maka Owner Vita Make-up dan Galeri tersebut kembali menggelar seminar kecantikan Beauty Class ke-3, Minggu (7/10) di Ballroom Hotel Aston Tanjungpinang.

Sebanyak 40 lebih peserta dari berbagai kalangan antusias mengikuti seminar Beauty Class kali ini untuk belajar dan menambah pengalaman cara ber-mekap yang profesional.

Vita menggandeng dua orang ahli di bidang kecantikan yang menjadi narasumber dalam seminar tersebut yakni, Dr Maya Suryanti dari Labella Aesthetic Clinic serta Inez Cosmetics.

Tidak hanya belajar, peserta juga dikenalkan dengan berbagai produk kecantikan yang telah berstandar di pasaran.

”Saya pribadi memang suka berhias diri, dan itu karena hobi. Setelah sekian lama saya geluti ternyata hobi ini bisa jadi usaha. Dengan segala pengalaman, akhirnya saya bisa berbagi lewat kegiatan seminar seperti ini hingga sampai Beauty Class ke-3,” sebut Vita yang juga seorang dosen di Kampus STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang tersebut, kemarin.

Vita menambahkan, dengan suksesnya seminar Beauty Class ke-3 ini, ada kemungkinan dirinya akan menggelar Beauty Class yang ke-4 di waktu yang akan datang dan semoga pesertanya lebih banyak lagi.

”Untuk peserta yang hadir kemarin, ada dari kalangan mahasiswa, guru SLB, guru bidang keterampilan tata rias dan ada juga peserta dari Batam,” sambung Vita yang sehari-hari selalu tampil modis itu.

Menurutnya, profesi perias atau bahasa kerennya Make-up Artist telah berkembang pesat dan profesi ini semakin banyak digeluti kaum perempuan walau hanya untuk merias diri sendiri.

Namun, jika sebuah hobi bisa menjadi bisnis, Vita menyebutkan, harus berani mengembangkannya menjadi Make-up Artist profesional.

”Kini sudah banyak yang menjadi perias atau Make-up Artist. Kebetulan seminar Beauty Class ke-3 ini saya mengangkat tema ‘From Hobby to Business’. Alhamdulillah, banyak yang menjadi womenprenuer di bidang tata rias,” jelasnya.

Dokter Maya Suryanti yang turut menjadi narasumber saat itu menyampaikan ilmu penting soal tips skincare, perawatan wajah, outer dan inner beauty.

Setelah sukses menggelar beberapa kali Beauty Class ini, Vita pun mendapatkan tawaran dari berbagai daerah untuk menggelar acara yang sama.

Tak tanggung-tanggung, daerah yang menawarkan untuk menggelar seminar Beauty Class yakni Pekanbaru, Karimun, Anambas serta Lingga.

Dalam kesehariannya, ia juga kerap menerima jasa makeup artist seperti keperluan wisuda, pemotretan pre-wedding dan wedding serta foto keluarga.

Di samping itu, Vita pun selalu tampil cantik dengan keterampilan makeup artist untuk dirinya sendiri. ”Saya hobi sekali merias diri, apalagi saat kuliah S2 di Pekanbaru. Saya semakin memperdalam kemampuan saya dan saat itu di Pekanbaru sedang booming dan tren tentang makeup artist,” kenangnya.

Ia pun berharap kawula muda mampu memanfaatkan hobi menjadi bisnis. Sehingga, semasa hobi secara perlahan merintis usaha kecil namun dengan konsisten akan tumbuh menjadi besar.

Tak hanya itu, ia juga memberikan pelatihan untuk ibu-ibu PKK dan beberapa OPD sekaligus sharing tentang dunia entrepreneur saat pengabdian masyarakat.

Sebab, sebagai dosen tentunya harus membangun dan turut mendukung program pengabdian untuk masyarakat. Sehingga, dapat menumbuhkan kemajuan bagi perekonomian masyarakat di bidang jasa tata rias. Tak lupa, ia juga memberikan tips bagi pemula yang hobi dengan tata rias.

”Karena makeup artist ini juga selalu bergeser trennya, maka alangkah lebih baiknya bagi pemula untuk selalu mengikuti tren make up dan fashion. Dengan begitu, memadu padankan eyeshadow, blush on dan lipstick,” sebutnya.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here