Bergantian Pantau Lintas Barat

0
372
PENGAMANAN: Lalu lintas di jalur lintas barat kini semakin ramai. Polres Bintan terus berupaya meningkatkan keamanan di jalur ini. F-ADLY BARA/TANJUNGPINANG POS

Tanjungpinang – MEMILIKI cakupan wilayah tugas yang luas, Polres Bintan tetap mengoptimalkan jumlah personel yang ada untuk mengawasi setiap sudut Kabupaten Bintan dalam hal pengamanan wilayah.

Untuk di daratan, Polres Bintan memiliki pendukung wilayah yakni Polsek Bintan Utara, Polsek Bintan Timur, Polsek Teluk Bintan, Polsek Gunung Kijang dan di pulau yakni Kecamatan Tambelan ada Polsek Tambelan.

Menurut Kapolres Bintan AKBP Febrianto Guntur Sunoto SIK, untuk mengawasi daerah rawan, pihaknya menitikberatkan kepada unsur polsek terdekat. Tapi, dibantu polsek lainnya yang juga lokasinya dekat dengan kawasan rawan tersebut. Tujuanya untuk mengoptimalkan pengawasan, yang dilakukan secara bergantian.

”Misalkan pengamanan di malam hari seperti jalur Lintas Barat, karena wilayah tersebut dominan masuk pada Kecamatan Teluk Bintan dalam hal ini Polsek Tembeling. Namun, sebagian wilayahnya juga masuk ke Kecamatan Toapaya, maka Polsek Gunung Kijang juga berperan,” ujar Guntur, Rabu (31/1).

Untuk kawasan Lintas Barat, lanjut Guntur, sejak tahun 2015 lalu telah dibangun 3 pos pemantauan untuk mengawasi jalur itu agar terkendali keamanannya.

Diketahui pada 2014 hingga 2015 lalu, jalur lintas barat menjadi ancaman bagi keselamatan pengendara sepeda motor karena daerah itu dikenal sebagaid aerah rawan.

Pasalnya, aksi kejahatan seperti pencurian dengan kekerasan yaitu jambret kerap terjadi di lokasi ini. Tidak hanya itu, aksi kejahatan lainnya seperti begal juga menjadi catatan kejahatan yang tinggi di Bintan pada tahun tersebut.

Untungnya, secara perlahan situasi berangsur-angsur aman, karena terus menjadi pengawasan pihak jajaran Polres Bintan.

Guntur tidak ingin lengah, dengan kondisi yang ada saat ini. Beberapa kali terlihat, pasukan bermotor polres Bintan silih berganti mengitari sepanjang tiga pos di lintas barat setiap malamnya. Selain itu, dukungan kendaraan patroli dari polsek juga patroli setiap jamnya.

”Kalau dari jumlah personel yang ada saat ini, kita memang sangat jauh dari ideal. Tetapi itu merupakan tantangan tugas, yang harus diemban dengan sebaik-baiknya. Jadi, kita mengoptimalkan personel yang ada, dengan mengaktifkan personel yang menggunakan motor untuk mengisi kekurangan,” ungkapnya.

Selain itu, untuk mengawasi situasi pengamanan di tengah masyarakat, polres Bintan telah memiliki personel Bhabin yang ditempatkan di setiap kecamatan hingga desa. Bahkan desa yang berada di kawasan pulau seperti di kecamatan Bintan Pesisir juga ditempati bhabin.

Namun, pihaknya tidak bekerja sendiri dalam memantau keamanan, dan tetap melakukan koordinasi dengan masyarakat serta unsur TNI yakni dari Babinsa TNI Angkatan Darat dari Kodim 0315 Bintan.

”Kita tetap berkoordinasi dengan pihak lainnya. Termasuk dengan camat dan kepala desa (Kades), untuk mengajak masyarakat mengaktifkan sistim keamanan lingkungan (Siskamling) di tingkat RT. Hal tersebut untuk memberdayakan masyarakat, dalam mengawasi keamanan wilayahnya,” tutupnya. (ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here