Berharap, Pusat Bangun Bandara Sei Bati

0
278
RUNWAY Bandara Sei Bati Kabupaten Karimun terlihat dari atas. f-istimewa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun berharap, agar Pemerintah Pusat mendukung pembangunan kembali Bandara Sei Bati, Tebing, Karimun. Dengan dukungan itu, Bandara Sei Bati dapat didarati pesawat ATR.

KARIMUN – ”Untuk tahun ini, Pemkab Karimun tidak ada mengalokasikan anggaran pembangunan bandara. Dalam hal ini, untuk perluasan dan perpanjangan landasan pacu bandara Sei Bati,” kata Kepala Dinas Perhubungan Karimun, Fajar Harison.

Bisa jadi, lanjut Fajar, pihak Bandara Sei Bati melakukan pengerjaan penambahan fasilitas bandara seperti pagar bandara atau lainnya.

”Kami belum mengetahui, apakah Pemerintah Provinsi Kepri (Pemprov Kepri) ada mengalokasikan anggaran untuk Bandara Sei Bati,” tambah Fajar lagi.

Beberapa waktu lalu, pihaknya telah berusaha menjajaki pihak Lion Air untuk membuka rute Karimun-Pekanbaru menggunakan pesawat jenis ATR atau sejenis Wings.

Tetapi sampai hari ini, belum ada kabar dari pihak manajemen PT Lion Air.

Ia berharap Lion Air dapat melayani rute Karimun-Pekanbaru, dengan jadwal 1 kali seminggu pulang pergi (PP). Soal jadwal keberangkatan, natinya disesuaikan dengan jadwal dari pihak Lion Air.

Usulan tersebut disampaikan, ia yakin dengan panjang bandara saat ini 1.400 meter dapat didarati pesawat jenis ATR.

Beberapa Bandara sebelumnya di Tanah Air, seperti bandara di Kabupaten Lingga, Kabupaten Tapanuli Utara tidak jauh beda dengan Bandara Sei Bati.

Selain itu, ia berharap dukungan dari pengelola bandara saat ini. Pengelola Bandara dan Pemerintah Daerah dapat bersinergi menemui pihak PT Lion Air, sehingga mau melayani rute penerbangan Karimun-Pekanbaru.

Ia yakin, rute ini akan terisi penuh setiap penerbangan. Hal itu terlihat, dari jumlah penumpang yang berangkat dari Karimun setiap hari ke arah Pekanbaru atau Riau.

Kemudian investor dari luar Karimun, akan lebih mudah berinvestasi karena ada kemudahan akses transportasi.

Selasa (5/3) kemarin, Bupati Karimun Aunur Rafiq kembali menyampaikan harapannya agar Pemprov Kepri agar bersedia mendanai atau mengusulkan untuk pembangunan perluasan dan perpanjangan bandara Sei Bati, Tebing, Karimun.

Ia yakin, tahun ini pertumbuhan investasi akan semakin baik. Dibandingkan tahun sebelumnya, dan kegiatan perusahaan mulai bergerak dan hal ini membutuhkan akses transportasi yang cepat.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here