Beri Pedagang Pinjaman Modal

0
799
Galangan kapal: Industri galangan kapal mulai lesu beberapa tahun terakhir karena sepinya order.f-dokumen/tanjungpinang pos

MBS Pak gub kepri. Kalau mau bicara ekonomi Kepri yg menurun, bicaralah kepada mereka yg ahlinya, atau kepd pelaku ekonomi, khususnya pedagang kecil, beri mereka pinjaman modal usaha. Perkuat ekonomi mikro. Cari penyebab ekonomi melemah dan caro solusinya.
081372337575

Ayo Tumbuhkan Ekonomi
MBS Gubernur Kepri Nurdin Basirun harus konsisten dan harus punya niat yang kuat untuk membangun Ibu Kota Tg Pinang. Saya salut bilamana ini terealisasi karena masih banyak yg harus pak Gubernur benah di Tg Pinang ini terutama Pelabuhan bongkar muat yg representatif di Tg Moco. Ini sangat penting guna meningktkan ekonomi kemudian Stadion olah raga di Dompak juga penting agar Tg Pinang lebih dikenal dan sangat setuju lanjutkan. pak Gubernur penbangunan kota dompak yg kusam jangan lupa Mesjed Dompak disulap jadi tempat wisata religius seperti Mesjed Agung di Bandung demikian saran saya trima kaseh Pak Gubernur.
081314992494

TANGGAPAN:
Sejauh ini Batam penyumbang 71 persen ekonomi i Kepri. Sedangkan 6 kabupaten/kota lainnya hanya menyumbang 29 persen saja. Karena itu, jika ekonomi Batam terseok-seok, otomatis pertumbuhan ekonomi Kepri terjun bebas. Tidak ada daerah lain yang mampu menjadi penopang ekonomi di saat Batam sedang runtuh.

Baca Juga :  Halaman Muka Ibukota Mesti Ditata

Kalau ekonomi Batam sakit, maka sakit lah ekonomi Kepri. Kita mendukung langkah Gubernur Kepri H Nurdin Basirun yang ingin mengubah arah kebijakan pengembangan ekonomi Kepri dengan menguatkan ekonomi kabupaten/kota lainnya di Kepri.

Gubernur ingin semua kabupaten/kota memiliki kekuatan ekonomi baru agar bisa mengimbangi ekonomi Batam. Sehingga, pertumbuhan ekonomi tak hanya terpusat di Batam. Yang membuat ekonomi Batam anjlok adalah tiga sektor utama yang selama ini menjadi penopang yakni sektor industri pengolahan, sektor konstruksi dan sektor pertambangan dan penggalian.

Baca Juga :  Maksimalkan Pajak Lay Up

Tiga sektor ini menyumbang 68,68 persen. Tiga-tiganya turun. Seperti sektor industri pengolahan turun 0,44 persen (peran 36,62 persen). Sektor konstruksi turun 0,06 persen (peran 17,7 persen) dan sektor pertambangan/penggalian turun 4,32 persen (peran 14,36) persen. Hal inilah yang membuat ekonomi Batam makin jauh anjloknya. Sehingga menyeret angka terendah pertumbuhan ekonomi Kepri sepanjang sejarah provinsi ini berdiri.

Ekonomi Kepri tumbuh 2,02 persen di Triwulan I tahun 2017 menjadi 1,52 persen di Triwulan II. Provinsi Kepri berada di posisi 33 se-Indonesia. Di bawahnya posisi 34 adalah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Untuk mengobati Batam, maka pemerintah harus memberi banyak kemudahan termasuk mempermudah perizinan dan hal lainnya yang bisa membuat investor dan calon investor nyaman.

Baca Juga :  Mana Pabrik Sarden Kepri?

Selain mempertahankan ekonomi Batam, kekuatan ekonomi daerah lainnya harus diperkuat agar ke depan bisa berimbang. Ke depan semua daerah bisa menjadi penopang ekonomi Kepri. Industri pengolahan di Batam, ujar Panusunan, jangan sampai kolaps. Ini akan memperlebar krisis ekonomi Batam. Karena itu, sektor tersebut harus benar-benar diperhatikan. ***

Panusunan Siregar
Kepala BPS Provinsi Kepri.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here