Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Untuk Masyarakat

0
542
Cek kesehatan: Salah satu kegiatan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis di Stikes Hang Tuah. F-ISTIMEWA/STIKES HT

TANJUNGPINANG – Mahasiswa program profesi keperawatan Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Hang Tuah Tanjungpinang menggelar kegiatan yang bersifat pengabdian kepada masyarakat.

Salah satunya kegiatannya, berupa pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis dan donor untuk masyarakat, Jumat (10/2) lalu di Kampus Stikes Hang Tuah, Jalan Baru Km 8.

Selama setahun mahasiswa Ners melaksanakan praktik di Rumah Sakit. Mereka harus aktif menggelar kegiatan pelayanan kesehatan di tengah masyarakat, yang dimulai dari tingkat desa hingga kecamatan.

Hal ini disampaikan Dina Novitasari, mahasiswa Ners Stikes Hang Tuah, Jumat (17/2).

”Program Ners keperawatan lebih mengutamakan praktik langsung dilapangan,” ujar Dina.

Praktik itu di antaranya, Keperawatan Medikal Bedah (KMB), keperawatan, unit gawat darurat, manajemen anak, serta maternitas.

”Kelima unsur itu dilaksanakan di rumah sakit,” sebutnya.

Mahasiswa lainnya, yaitu Anggraini Sucinda juga menambahkan, praktik pengabdian kepada masyarakat dilakukan bersama unsur puskesmas yang ada diseluruh kecamatan di Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

Termasuk berdinas di panti werda khusus lansia, serta melaksanakan kegiatan gotong royong bersama warga.

”Warga desa maupun kampung, tentu senang jika ada kegiatan pemeriksaan gratis seperti cek gula darah, asam urat,” ujar Anggraini.

Belum lama ini, mahasiswa Ners mengikuti praktik di posyandu Tanjung Lanjut, Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Kota Tanjung pinang. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here