Berkibar Putih-Merah di Kijang, Kok Bisa?

0
938

TNI Panggil Pengibar Bendera Kantor Karantina KKP

Kantor Karantina Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pusat di wilayah laut Kijang Bintan menjadi perhatian masyarakat. Bukan karena terbakar atau diresmikan, namun karena posisi bendera Merah Putih yang dikibarkan terbalik.

BINTANSeorang petugas Kantor Karantina KKP di kantor itu bermaksud ingin mengibarkan bendera Indonesia Merah Putih di halaman kantornya di kawasan Pelabuhan Sribayintan Kijang, Kecamatan Bintan Timur (Bintim), Kamis (8/2) pagi kemarin.

Namun, ia justru mengibarkan bendera terbalik, yang putih ke atas dan merah ke bawah seperti bendera Polandia. Seketika kejadian itu menjadi perbincangan masyarakat dan langsung heboh.

Mahfud Sugi tak punya niat sengaja membuat kesalahan fatal saat menjalankan tugasnya untuk memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih di halaman Kantor Karantina Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kamis kemarin.

Usai mengibarkan bendera, ia langsung meninggalkan halaman kantor, tanpa mengecek ulang apakah ada kesalahan dalam pengibaran bendera itu. Halaman kantor pun kosong, bendera berkibar saat angin bertiup kencang. Tanpa disengaja, seorang warga Rasyid melintas di halaman itu, sambil menoleh ke arah bendera.

Ternyata, Bendera Indonesia Merah Putih yang berkibar itu posisinya terbalik. Tanpa disengaja, Mahfud Sugi mengibarkan bendera Indonesia menjadi bendera Nagara Polandia (Putih Merah).

Kurang pasti, siapa yang mengambil foto pemasangan bendera Indonesia yang terbalik itu. Dalam kurun waktu seketika, sudah menjadi perbincangan dan viral di media sosial. Kelalaian petugas KKP mengibarkan bendera Merah Putih itu pun membikin heboh.

Aparat pun bertindak cepat. Danramil 02/Bintim Kapten Inf T Telaumbanua atas perintah Dandim 0315 Bintan, langsung memanggil Kepala wilayah kerja Karantina Ikan dan Pelabuhan Laut Kijang Feri Ardiansyah, beserta anggotanya Mahfud Sugi, ke kantor Koramil 02/Bintim.

”Masalah ini sudah kita tangani. Saya sudah perintahkan Danramil untuk menanganinya,” kata Letkol Inf Ari Suseno, Dandim 0315/Bintan.

Danramil 02/Bintim dan Babinsa Kelurahan Kijang Kota menanyakan tentang terjadinya, pengibaran Bendera Merah Putih yang terbalik itu, Putih di atas Merah di bawah. Kepala wilayah kerja KKP di Pelabuhan Laut Kijang menyatakan, hal itu terjadi akibat kesalahan dan kecerobohan anggotanya (Mahfud Sugi) yang mengibarkan bendera, Kamis pagi itu.

Feri Ardiansyah beserta anggotanya Mahfud Sugi pun mengaku salah dan meminta maaf sebesar-besarnya kepada pimpinan TNI dan Polri, serta pimpinan daerah dan masyarakat wilayah Provinsi Kepri, atas kejadian ini.

Mereka pun sudah melaporkan ke atasannya di BKIPM (Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu) Tanjungpinang serta di BKIPM Jakarta. Tak cukup itu, Kepala wilayah kerja Karantina Ikan Pelabuhan Laut Kijang berjanji, mengawasi tentang pengibaran bendera di kantornya, agar tidak terulang kembali.

Namun demikian, berdasarkan petunjuk dari pimpinannya, akan diberikan sanksi kepada Kepala wilayah kerja Karantina Ikan Pelabuhan Laut Kijang Feri Ardiansyah, dan anggotanya Mahfud Sugi.

Danramil 02/Bintim Kapten Inf T Telaumbanua membenarkan, pihaknya sudah melakukan penanganan terhadap tindak kelalaian itu. Danramil sudah menegur Kepala KKP dan anggotanya yang mengibarkan bendera terbalik itu.

”Setelah kami periksa dan mintai keterangan, mereka setelah kembali dari Koramil 02/Bintim, Feri Ardiansyah dan Mahfud Sugi menghadap ke Kepala Kantor BKIPM Tanjungpinang. Hal ini, sudah kami laporkan kepada Komandan Kodim,” jelas T Telaumbanua.(yen/abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here