Berkorban untuk Membangun Negeri

0
400
BUPATI Bintan H Apri Sujadi (kanan) menyambut kedatangan H Ansar Ahmad anggota DPR RI terpilih, pada saat menunaikan salat Idul Adha, di Masjid Nurul Iman Kijang, kemarin.f-istimewa

Dalmasri di Uban, Apri Salat Ied Bareng Ansar di Kijang

Pemkab Bintan bersama seluruh umat muslim merayakan Idul Adha 1440 hijriah ini, penuh dengan khidmat. Karena bersempena menyambut HUT ke-74 kemerdekaan RI. Pada hakikatnya, pemerintah terus berkorban untuk membangun negeri.

BINTAN – AWALNYA, Bupati dan Wakil Bupati Bintan akan menunaikan salat Idul Adha, di tempat yang sama, di Tanjunguban. Tapi, Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam menunaikan salat ied Idul Adha 1440 hijriah, di lapangan Hang Tuah, Tanjunguban, Bintan Utara, Minggu (11/8) kemarin. Jemaah yang turut dihadiri sejumlah kepala OPD ini, mencapai ratusan orang.

Sementara, Bupati Bintan H Apri Sujadi melaksanakan salat ied bareng H Ansar Ahmad calon anggota DPR RI terpilih, di Masjid Nurul Iman Kijang, Bintan Timur. Di masjid besar Kecamatan Bintan Timur ini, hampir 700-an jemaah yang menunaikan salat ied.

Baca Juga :  Jangan Lupakan Kegiatan Berkelanjutan

Sebelum salat ied dimulai, Bupati Bintan H Apri Sujadi mengajak masyarakat untuk menjadikan Idul Adha ini sebagai momentum meningkatkan kesabaran, ketaqwaan, serta keimanan. Seperti yang telah dicontohkan Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS, serta Siti Hajar dalam sejarah Islam.

”Idul Adha adalah momen mengingatkan kembali, pengorbanan seorang Nabi Ibrahim terhadap perintah Allah SWT. Pengorbanan ini yang wajib kita teladani. Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 kepada seluruh masyarakat. Semoga pengorbanan kita menjadi amal dan pahala yang barokah,” ujar H Apri Sujadi.

Salat ied Idul Adha di Masjid Nurul Kijang ini, H Ahmad Ismail bertindak sebagai imam. Sedangkan H Ansar Ahmad menjadi khatib. Dalam tausyiahnya, H Ansar Ahmad yang juga mantan Bupati Bintan ini mengajak, agar masyarakat kembali menyatu dengan membangun rekonsiliasi umat, guna menjadi hamba yang terbaik, berdasarkan kisah tentang pengorbanan Nabi Ibrahim AS.

Baca Juga :  28 Personel Polres Bintan Naik Pangkat

Selain itu, sikap Nabi Ismail AS yang rela mengorbankan nyawanya demi Allah SWT, juga menjadi teladan bagi remaja di masa sekarang. Tidak hanya, segala keputusan Nabi Ibrahim yang mengambil sikap musyawarah dengan sang istri Siti Hajar, juga menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari.

Idul Adha 1440 hijriah sekarang, lanjut Ansar Ahmad, merupakan momentum untuk menyambut HUT ke-74 proklamasi kemerdekaan RI. Ansar Ahmad mengajak agar semua masyarakat dan pemimpin negeri, untuk sama-sama merendahkan diri dan berserah diri di hadapan Allah SWT.

”Sebagai makna dari tawaf pada saat menunaikan ibadah haji di Mekah, mari kita renungkan apa saja yang sudah dilakukan selama ini. Kita doakan bersama, agar pemimpin negeri selaku ingat dan berkorban untuk Allah SWT,” ujar Ansar Ahmad.

”Maknai pengorbanan Idul Adha dan menyambut HUT proklamasi kemerdekaan RI ini, untuk membangun negeri. Bangun pula persatuan dan ukhuwah islamiyah,” demikian pesan Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Organda Bakal Usulkan Pembebasan Pajak Ranmor

Usai salat ied berjemaah, Bupati Bintan H Apri Sujadi menyerahkan hewan kurban (sapi) kepada pengurus Masjid Nurul Iman Kijang. Sapi ini merupakan hewan kurban dari Bupati H Apri Sujadi bersama istri dan anaknya, Wabup H Dalmasri Syam bersama istri, serta Sekda Bintan Adi Prihantara bersama istrinya. Bupati juga meninjau proses penyembelihan hewan kurban di sejumlah masjid dan surau lainnya.

”Alhamdulillah hewan kurban yang terdata di Bintan Timur ini, sebanyak 139 ekor sapi dan kambing. Kalau dari kepala daerah dan ASN di lingkungan Pemkab Bintan, keseluruhannya berjumlah 29 ekor hewan kurban,” kata Indra Gunawan, Plt Kabag Kesra Setdakab Bintan. (YUSFREYNEDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here