Bersama Petani, Babinsa Dukung Ketahanan Pangan

0
396
NAIK POMPONG: Serda Khaerudin Bintara dari Babinsa Koramil 06 Senayang saat naik pompong melaksanakan tugasnya.

Senayang – Setiap hari personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 06 Desa Senayang, Kabupaten Lingga turun ke lokasi pertanian. Ini sebagai upaya mendukung ketahanan pangan di daerah teritorial.

Bahkan babinsa di tingkat desa ikut mengembangkan sektor pertanian di tingkat desa sesuai wilayahnya.

Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0315 Bintan, Kapten Inf Rusdianto mengatakan, Babinsa merupakan satuan teritorial TNI Angkatan Darat (TNI AD) paling bawah.

Mereka langsung berhubungan dengan masyarakat. Secara pokok, personel Babin membina masyarakat dari berbagai aspek di lingkup tugasnya.

”Saat ini, tugas tambahan, mereka turut membantu petani dalam menyukseskan kelangsungan aktivitas pertanian,” ujar Rusdianto, Rabu (8/2).

Tanpa mengesampingkan tugasnya sebagai pembina stabilitas keamanan desa, TNI AD mendukung dan berperan untuk program swasembada pangan, program pemerintah pusat.

Dengan memanfaatkan peran Kodim hingga Babinsa yang ada didaerah, untuk membantu proses pengembangan sektor pertanian.

”Pengabdian Babinsa di masyarakat sangat dibutukan. Mereka juga dibekali pengetahuan untuk ilmu pengembangan pertanian,” jelasnya.

Bintara dari Pos Babinsa Koramil 06 Desa Senayang, Serda Khaerudin menjelaskan, hari-hari ia menjalankan tugas pembinaan, ia juga melakukan pertemuan dengan perangkat masyarakat.

”Sambil membantu para petani untuk mengembangkan swasembada pangan. Fungsi utama tetap dijalankan, berkeliling di wilayah Desa Senayang.Untuk memantau perkembangan informasi walaupun menyeberang pulau satu ke pulau lainnya,” sebut Khaerudin.

Dalam menjalankan tugasnya, ia berasa senang bisa bertemu langsung dengan masyarakat, berdiskusi membahas soal pertanian. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here