Bersih-bersih Drainase Cegah Banjir

0
154
Petugas sedang membersihkan hingga menata penutup parit berada di Jalan DI Panjaitan, Km 7 Tanjungpinang, kemarin. f-andri/tanjungpniang pos

TANJUNGPINANG – Untuk mengecah banjir di Ibukota Provinsi Kepri, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepri melakukan pemeliharaan rutin melalui bersih-bersih saluran drainase atau parit. Pembersihan parit atau drainase, mulai dari daerah Jalan Bakar Batu, Brigjen Katamso, MT Haryono, Gatot Subroto dan DI Panjaitan.

”Biar parit kita tidak tersumbat,” kata Andoko, Kepala Seksi (Kasi) Preservasi Jalan dan Pemeliharaan Jembatan Dinas PU Provinsi Kepri kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (16/5).

Membersihkan saluran air, kata Andoko, perlu perjuangan dan ekstra keras. Karena hampir semua parit berada di pinggir jalan raya ditutup mati oleh pemilik ruko.

Ada juga penutup parit atau drainase tidak tertutup mati. Cuman, hanya sebagian kecil dibandingkan dengan penutup parit mati.

Biar bisa dibersihkan, pihaknya menurunkan satu alat berat jenis kobe. Kobe tersebut digunakan untuk mengerok tanah dan sampah berada didalam parit.

Sebelumnya, penutup parit atau drainase dipecahkan menggunakan bondem atau palu besar.

Agar petugas bisa masuk kedalam parit. Sehingga sampah maupun tanah didalam parit bisa dibersihkan.

”Insya Allah hari Kamis (kemarin) ini selesai kita bersihkan parit yang wewenang Provinsi Kepri,” ucap dia.

Ia berharap, pemilik ruko untuk tidak menutup parit atau drainase dengan cara dicor. Agar penutup parit mudah dibuka. Sehingga memudahkan petugas untuk membersihkan sampah maupun tanah berada didalam parit tersebut. Kemudian, dia juga berharap, pemerintah setempat dalam hal ini Pemko Tanjungpinang untuk melarang pemilik ruko tidak mengecor penutup parit.

”Agar kami bisa membersihkan saluran parit yabg mampet alias tersumbat,” sebut dia.

Ia berharap masyarakat tidak lagi membuang sampah di drainase yang bisa menyumbat aliran air dan memicu terjadinya banjir. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here