Berusaha Menyogok, Langsung Diborgol

0
206
DANDIM 0315 Bintan Letkol I Gusti Bagus menasihati empat pelaku narkoba yang diamankannya, Jumat (10/8). f-raymon/tanjungpinang pos

Saat Kodim 0315 Bintan Meringkus Empat Pelaku Narkoba

Pelaku pemilik narkoba berusaha menyogok personel Kodim 0315 Bintan. Bukannya dilepas, malah langsung diborgol. Jangan main-main dengan tentara.

TANJUNGPINANG – AKHIRNYA, empat pelaku berhasil diamankan yakni Zaldian (30), Jolly Rudianto (37), Tjong Kiang (60) dan Tjhun Siang (53). Mereka ini sebagai pengguna dan pengedar narkoba jenis sabu-sabu yang diamankan, Rabu (8/8) di tempat berbeda.

Yang pertama ditangkap adalah Zaldian di rumahnya di Tanjungunggat. Kemudian Jolly Rudianto diamankan di rumahnya di Jalan Rawasari Tanjungpinang. Tjong Kiang ditangkap di Rawasari serta Tjhun Siang diamankan di Rawasari.

Dandim 0315 Bintan Letnan Kolonel Inf I Gusti Bagus Putu mengatakan, ketika Zaldian ditangkap, petugas menemukan bong dan uang di rumahnya serta sisa sabu yang sudah dipakai.

Dari penangkapan ini, petugas mengembangkan ke tersangka lain. Akhirnya Jolly yang terlibat berhasil diamankan dan ditemukan satu paket kecil sabu seberat 0,85 gram yang disimpan di sandalnya.

Petugas kembali mengembangkannya dan berhasil menangkap Tjong Kiang namun tidak ada barang bukti. Petugas tidak puas begitu saja. Tentu ada pemasoknya.

Kemudian, kasus ini dikembangkan lagi dan mengarah pada pelaku lainnya. Akhirnya, Tjhun Siang pun ditangkap.

Keberhasilan Kodim mengamankan para terduga pelaku narkoba berawal dari informasi masyarakat yang masih mempercayai mereka untuk memberantas narkoba.

”Masyarakat yang memberikan informasi penyalahgunaan narkoba ini. Kami berterimakasih karena masih dipercaya untuk memberantas narkoba dan ini buktinya kami dapat mengamankan empat orang terduga pelaku narkoba,” kata Dandim, Jumat (10/8).

Bagus menyebutkan, para pelaku ini saling berkaitan dan tempat penangkapan mereka berbeda-beda. Tapi masih di wilayah Kota Tanjungpinang. Dari para pelaku diamankan dua paket sabu-sabu, alat hisap, handphone dan uang.

Pengungkapan ini tidak terlepas dari komitmen Kodim untuk turut memberastas narkoba. Dalam memberantas narkoba, pihaknya tidak bisa sendiri dan perlu kerja sama.

”Narkoba merupakan musuh kita yang dapat merusak sendi-sendi bangsa. Kami sangat mendukung pemberantasan narkoba. Tiga pelaku ini merupakan residivis,” sebutnya.

Dandim menjelaskan, pada saat ingin ditangkap Jolly Rudianto sempat berteriak dan melawan seolah-olah dirinya sedang kemalingan.

Pelaku ingin mengundang perhatian masyarakat agar bisa kabur. Tapi triknya itu tidak berhasil. Masyarakat sudah tahu yang datang itu adalah personel Kodim

”Tersangka berteriak dan berharap masyarakat sekitar menyerang kami. Namun itu tidak berhasil dan masyarakat juga mengerti kalau kita dari Kodim 0315 Bintan,” jelasnya.

Sedangkan Tjhung Siang mencoba menyogok petugas dengan sejumlah uang agar tidak ditangkap. Namun anggota berang dan langsung meringkus pelaku.

”Untuk pengembangan kasus ini lebih dalam, maka kita serahkan kepada BNNK Tanjungpinang,” jelasnya.

Danunit Intel Kodim 0315 Bintan Lettu Maswendra menuturkan, penangkapan berawal dari pelaku Zaldian yang diamankan di rumahnya di Tanjungunggat saat usai menggunakan narkoba jenis sabu-sabu.

”Di rumah Zaldian, kami menemukan barang bukti alat hisap sabu (bong) yang baru usai digunakan sehingga ada sisa sabu dan handphone,” tuturnya.

Maswendra mengungkapkan, dari pelaku Zaldian ini kemudian dirinya mengaku mendapatkan sabu itu dari Jolly Rudianto.

”Ternyata setelah dilakukan interograsi tersangka Jolly, dirinya mendapatkan sabu-sabu itu dari Tjong Kiang. Namun setelah diperiksa kami tidak menemukan barang bukti sabu,” bebernya.

”Saat kami menginterogasi Tjong Kiang, ia mengaku mendapat sabu-sabu dari tersangka Tjhun Siang,” jelasnya.

Saat hendak mengamankan Tjhun Siang, pelaku sempat membuang barang bukti seberat 0,89 gram di sekitar rumah Jolly. Pelaku ini dipancung datang ke rumah Jolly. ”Selain barang bukti sabu-sabu, kami juga mengamankan sejumlah uang dan handphone milik keempat pelaku,” ujarnya.(RAYMON – ZAKMI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here