Besok ASN Gajian, Lusa Terima THR

0
670
RIONO

TANJUNGPINANG – Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dipastikan akan menerima gaji dua kali pada Juni dan Juli. Untuk Juni, para abdi negara tersebut akan menerima gaji Juni ditambah Tunjangan Hari Raya (THR). Sedangkan Juli, para pegawai menerima gaji Juli ditambah gaji ke-13.

Sekda Kota Tanjungpinang, Riono menuturkan, pembayaran gaji besok, Senin (4/6). Setelah itu, disusul, Selasa (5/6) pembayaran THR. ”Tergantung pengurusan masing-masing bendahara di setiap OPD, tetapi skemanya gaji Juni dulu baru THR,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (3/5).

Jumlah THR tahun ini akan lebih besar dari tahun sebelumnya. Ini berdasarkan PP 18 tahun 2018 terkait pemberian gaji, pensiun dan tunjangan 13 kepada ASN.

Kepala Bidang (Kabib) Anggaran Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Tanjungpinang, Nopirman menuturkan, kenaikan besaran THR bagi ASN aktif disebabkan ada penambahan jumlah item keuangan yang dimasukkan.

Jika tahun sebelumnya hanya gaji pokok, di tahun ini, ditambahkan tunjangan keluarga, tunjangan tambahan dan tunjangan kinerja. Total anggaran yang disiapkan Pemko untuk membayar gaji pokok Juni dan THR ASN di lingkungan Pemko senilai Rp22 miliar. Dengan rincian Rp13 miliar untuk gaji Juni dan Rp9 miliar THR.

Begitu juga dengan gaji Juli mendatang dan gaji 13, Pemko harus menyediakan anggaran Rp22 miliar. ”Terkait persediaan dana, mudah-mudahan aman dan pembayaran gaji Juni dan THR segera,” ujarnya.

Begitu juga untuk pembayaran gaji 13 skemanya sama, yaitu setelah gaji Juli yang juga diperkirakan awal bulan. Dituturkannya, untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkungan Pemko juga akan menerima THR, nilainya sama seperti tahun lalu Rp750 per orang. Tidak dibedakan berdasarkan jenjang pendidikan.

”Pemberian THR kepada PTT mengacu UU Ketenagakerjaan, bahwa setiap orang yang bekerja di atas satu tahun berhak menerima THR. Meskipun harus diakui angkanya belum sesuai UMK,” tuturnya.

Total anggaran yang disediakan untuk pembayaran THR PTT di lingkungan Pemko sekitar Rp700 juta. Terkait Tenaga Harian Lepas (THL) menurutnya tidak menerima THR, tergantung dari setiap OPD nya.

Ditambahkannya, kini pengajuan Ganti Uang (GU), Pembayaran Langsung (biasa disebut LS) dan Tambah Uang (TU) di setiap OPD baru akan diproses setelah pembayaran Gaji Juni dan THR selesai. ”Jadi kita bukan menundan proses pencairan melalui GU, TU maupun LS, tetapi setiap OPD harus menyelesaikan gaji dan THR dulu,” tuturnya. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here