Besok, Gelombang Laut Mulai Turun

0
738
PRAKIRAWAN Stasiun BMKG Tanjungpinang memantau kondisi cuaca di layar monitor, baru-baru ini.F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

PINANG – Suhu udara di Tanjungpinang terasa dingin, sejak beberapa hari terakhir. Sementara, gelombang laut masih tinggi. Gelombang laut diperkirakan mulai turun, Minggu (18/2) besok.

Prakirawan Stasiun BMKG Tanjungpinang, Diana Cahaya Siregar menjelaskan, saat ini, suhu udara mencapai kisaran 24-32 derajat selsius. Sedangkan kecepatan angin kisaran 5-35 kilometer per jam. Kelembaban udara berkisar 55 persen sampai 88 persen.

”Makanya suhu terasa dingin di badan, terutama pada malam hari,” kata Diana Cahaya kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (16/2) kemarin.

Baca Juga :  750 Warga Senggarang Terima Berkah

Diana mengatakan, ini karena faktor albedo. Albedo merupakan besaran yang menggambarkan perbandingan antara sinar matahari yang tiba di permukaan bumi, dan yang dipantulkan kembali ke angkasa, dengan terjadi perubahan panjang gelombang. Perbedaan panjang gelombang antara yang datang dan yang dipantulkan, dapat dikaitkan dengan seberapa besar energi matahari yang diserap oleh permukaan bumi.

Hal seperti ini, membuat kondisi cuaca cerah berawan. Sehingga potensi turunnya hujan sangat kecil. Bisa terjadi potensi hujan lokal, tapi peluangnya cukup kecil sekali. Kemudian, kondisi seperti ini juga membuat tinggi gelombang di perairan wilayah Provinsi Kepri masih normal.

Baca Juga :  Proyek Astaka MTQ Capai 80 Persen

Karena di perairan Natuna dan Anambas memiliki tinggi gelombang hanya kisaran 0,5-2 meter. Tinggi gelombang di dua perairan ini akan turun lagi, dari 0,5-1,5 meter. ”Sekitar tanggal 18 Februari ini, akan mulai berkurang tinggi gelombang,” ucap dia.

Sedangkan di lima perairan laut lainnya, hanya memiliki tinggi gelombang kisaran 0,2-0,8 meter. Seperti di perairan Tanjungpinang, Bintan, Batam, Lingga dan Karimun. ”Perkiraan kita, kondisi ini untuk tiga hari ke depan,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here