Besok, O2SN Dimulai di Lapangan Sulaiman

0
495
Kadispora Tanjungpinang, Djasman

TANJUNGPINANG – Besok, Selasa (17/4) Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) mulai menggelar pembukaan seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SD dan SMP di Lapangan Abdullah Sulaiman, Tanjungpinang pukul 16.00 WIB.

Kadispora Tanjungpinang, Djasman menuturkan, pembukaan pertandingan ditandai dengan pelepasan balon yang dilakukan Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza beserta Sekda Tanjungpinang, Drs Riono.

Melalui seleksi ini, para guru olahraga yang tergabung dalam Forum Guru Olahraga (FGO) dapat memilih siswa terbaik menjadi wakil Tanjungpinang nanti saat bertanding di tingkat provinsi yang akan dilaksanakan 7-10 Mei mendatang.

Ia menuturkan, ada delapan cabang olahraga (Cabor) yang dilombakan di O2SN tingkat Kota Tanjungpinang tersebut. Sementara tingkat nasional hanya lima cabor saja. Adapun lima cabor yang dipertandingkan di tingkat nasional yakni, karate, atletik, tenis meja, renang dan pencak silat. Namun, untuk O2SN tingkat Kota Tanjungpinang ada tiga cabor tambahan yaitu bola voli, sepak takraw dan bulu tangkis.

Lokasi pertandingan dilaksanakan di beberapa tempat, sesuai dengan sarana Cabornya. Untuk atletik tingkat SD dan SMP dilaksanakan 18-20 April di Lapangan Abdullah Sulaiman. Dengan koordinator Arman yang merupakan guru olahraga SMPN 11 Tanjungpinang.

Waktu pelaksanaan cabor bulutangkis sama yaitu dimulai 18-20 April yang dilaksanakan di Lapangan Cahaya Pinang dengan koordinator Yusuf dari SMPN 5 Tanjungpinang.

Seleksi renang dilaksanakan dua hari, mulai 19-20 April di Kolang Berenang Dendang Ria. Dengan koordinator guru olahraga SMPN 4 Tanjungpinang. Sedangkan cabor tenis meja akan dilaksanakan 18-20 di Lapangan Cahaya Pinang dengan koordinator M Yani dari SDN 001 Bukit Bestari.

Cabang olahraga pencak silat dan karate dilaksanakan di TCC Tanjungpinang. Pencak silat digelar, 23-24 April dan dilanjutkan karate 25-26 April mendatang. Dengan masing-masing koordinator Sri Wahyuni dari SDN 011 Tanjungpinang Timur dan Ismardi dari SMPN 4 Tanjungpinang.

Cabor sepak takraw akan dilaksanakan 18-20 April di PPLP Provinsi Kepri di Batu 9 dengan koordinator Ishak Iskandar dari SLB. Cabor bola voli akan dilaksanakan di dua tempat di hari yang sama, yaitu 17-22 Mei di SDN 11 Tanjungpinang Barat dan Lapangan Pinang Wahana Sulaiman Abdullah. Koordinator yang ditunjuk yaitu Afeldi Yelmon.

Djasman menuturkan, melalui kegiatan ini, dapat memberikan wawasan berolahraga kepada seluruh atlit. Serta menghasilkan siswa terbaik yang akan bersaing di tingkat provinsi. Mereka diharapkan bisa membuat bangga sekolah dan daerah.

”Saya berharap setiap atlit yang telah di persiapkan dengan baik di tingkat kota nantinya ini bisa mewujudkan prestasi lebih baik lagi, bisa menaikkan peringkat kita di provinsi,” ujarnya saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (16/4).

Kabid Olahraga Dispora Tanjunngpinang, Firsandi menuturksan, peserta merupakan siswa-siswi dari tingkat SD dan SMP di Tanjungpinang. Untuk SD, ada sekitar 75 sekolah yang nantinya di gabungkan per club. Sedangkan SMP ada 28 sekolah. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here