Besok, Puluhan Pompong Balapan di Seienam

0
682
BALAP POMPONG: Warga menyaksikan balapan puluhan pompong tradisional di Desa Pangkil, belum lama ini. Iven budaya bahari Kabupaten Bintan ini bakal dilaksanakan kembali di Seienam, Sabtu (4/11) pagi besok. F-yendi/TANJUNGPINANG POS

Disbudpora Bintan Gelar Festival Budaya Bahari

BINTANBUYU – Satu lagi tontonan menarik event festival kebudayaan di Kabupaten Bintan. Puluhan masyarakat nelayan akan melakukan aksi balapan, dengan menggunakan kapal motor (pompong) di pantai Kelurahan Seienam, Kecamatan Bintan Timur, Sabtu (4/11) pagi besok.

Festival kebudayaan bahari dan pesta permainan rakyat ini digelar oleh Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bintan, bekerja sama dengan pemerintah Kelurahan Seienam.

Kepala Disbudpora Bintan Makhfur Zurachman melalui Sekretaris Euis Sumartini menjelaskan, sebelumnya Pemkab Bintan mengadakan festival kebudayaan layang-layang di lokasi wisata gurun pasir, Desa Busung. Event ini berhasil mendatangkan seribuan pengunjung lokal dan beberapa orang turis.

”Selanjutnya, kami gelar balapan (race) puluhan pompong, di pantai Kelurahan Seienam. Kita juga melombakan pompong hias dan pesta permainan rakyat. Ini kan budaya bahari dan identik dengan laut. Karena, peradaban Melayu itu berasal dan identik dengan laut,” kata Euis Sumartini, kemarin.

Lurah Seienam Indra Gunawan membenarkan agenda festival festival budaya bahari di Seienam itu. Festival budaya di Seienam ini bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya Melayu di Kabupaten Bintan.

Dalam festival budaya bahari Seienam ini, akan dilaksanakan lomba balap pompong, pompong hias, festival kuliner otak-otak, dan jenis makanan khas Melayu lainnya, serta lomba permainan rakyat seperti gasin. Kemudian, turut ditampilkan kesenian opera makyong, joget dangkung dan kuda lumping.

”Ini upaya kita melestarikan kebudayaan dan seni di Kabupaten Bintan. Terutama mempertahankan opera makyong, yang sudah diakui dunia berasal dari Kabupaten Bintan,” kata Indra Gunawan. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here