Besok, TMMD Ke-13 di Penggudang Dibuka

0
201
Dandim 0315 Bintan Letkol I Gusti Bagus Putu Wijangsa (kanan) saat dialog dengan wartawan di makodim, Jumat (12/10) malam lalu.

TANJUNGPINANG – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Kodim Bintan, akan dibuka pada, Senin (14/10). Rencananya, pembukaan TMMD di Desa Penggudang ini akan ditandai dengan upacara di Lapangan Sepakbola Desa Penggudang Kecamatan Teluk Sebong dan Gubernur Kepri direncanakan akan bertindak sebagai Irup. Dandim 0315 Bintan Letkol I Gusti Bagus Putu Wijangsa menyebutkan tujuan TMMD adalah salah satunya untuk membantu membenahi infrastrutur di desa-desa yang dianggap sangat dibutuhkan masyarakat.

“Dengan TMMD, biaya pembangunan menjadi jauh lebih rendah karena dikerjakan oleh prajurit TNI bersama masyarakat,” kata I Gusti Bagus Putu Wijangsa dalam bincang-bincang dengan wartawan di Makodim Bintan, Jumat (12/10) lalu.
Pada TMMD yang mengangkat tema “TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis” ini, ada 10 kegiatan yang menjadi prioritas Kodim 0315 untuk dilaksanakan.

“Untuk pembangunan fisik, sasaran kita adalah membuka jalan sepanjang 4.050 meter dengan lebar 5 meter di Penggudang. Jalan ini bentuknya melingkari permukiman dan lahan masyarakat yang luasnya sekitar 100 hektar. Tujuannya, agar hasil pertanian masyarakat bisa lebih mudah diangkut dengan kendaraan,” sebutnya.
Selain sasaran fisik, menurut Dandam, ada banyak sasaran kegiatan nonfisik lainnya, di antaranya, Penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan agama, penyuluhan hukum, penyuluhan Kamtibmas dan bahaya narkoba, penyuluhan pelestarian lingkungan hidup, penyuluhan Kesehatan dan KB, Penyuluhan Koperasi, Penyuluhan pertanian dan perkebunan, Penyuluhan perikanan dan Penyuluhan sadar wisata.

“Harapan kita, dengan digelarnya penyuluhan dan pelatihan, masyaraket desa bisa lebih kreatif lagi dalam melihat peluang ekonomi yang bisa meningkatkan pengahsilan keluarga,” sebutnya. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here