Betul Enggak, Bukan Hoax Kan? Ternyata Betul

0
160
BUPATI Bintan H Apri Sujadi memberikan keterangan tentang fungsi dan hak ASN, belum lama ini. f-istimewa

Cerita di Balik Penerbitan Keppres Nomor 14/2018

Lebih dari 1.000 ASN dan pegawai honor Pemkab Bintan, ikut menggunakan hak pilih pada Pilwako Tanjungpinang, Rabu (27/6) besok. Mereka pun awalnya bertanya, apakah diliburkan pada hari pencoblosan? Karena, ASN dan pegawai Pemko Tanjungpinang sudah sejak awal diinformasikan, diliburkan.

Mendapat pertanyaan dari pegawai yang berdomisili di Tanjungpinang itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi meminta agar Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bintan berkoordinasi ke Pemprov Kepri. Kemudian, menyosialisasikan bahwa pegawainya diberikan kelonggaran untuk menggunakan hak pilih.

Karena, dari 4.700 ASN dan pegawai honor Pemkab Bintan, sekitar 40 persen masih berdomisili di wilayah Kota Tanjungpinang.

”Kita berikan kelonggaran kepada pegawai, untuk menggunakan hak pilihnya di Pilwako Tanjungpinang. Mengenai libur tidaknya, tanya ke Kepala BKPPD,” kata H Apri Sujadi, Senin (25/6) pagi kemarin.

Namun, sejumlah pegawai tetap mempertanyakan, kebijakan libur saat pencoblosan itu. Sementara, Kepala BKPPD Irma Annisa belum memberikan keputusan, hingga pukul 15.50 sore kemarin. Lima menit berselang, Irma Annisa diberi softcopy Keputusan Presiden (Keppres) RI nomor 14 tahun 2018, tentang Hari Pemungutan Suara Pilgub, Pilbup dan Pilwako sebagai hari libur nasional. Keppres ini ditandatangani Presiden RI Joko Widodo, tertanggal 25 Juni 2018.

”Betul enggak ini, bukan hoax kan? Ntar saya cek,” kata Irma Annisa, yang masih meragukan Keppres tersebut.

Sebagai pihak yang berwenang untuk penetapan libur pegawai dan ASN di Pemkab Bintan, Irma Annisa pun bergegas mengoordinasikan Keppres tersebut dengan pihak Pemprov Kepri. Ia melakukan koordinasi dengan Pemprov, agar kebijakan yang diambil nanti, tidak berdasarkan Keppres yang hoax (informasi bohong).

”Kami sudah cek ke Pemprov, ternyata betul Keppres itu. Dari Keppres ini, pegawai honor maupun ASN di Pemkab Bintan, juga libur saat pencoblosan di Pilwako Tanjungpinang, Rabu besok. Tapi, kami masih menunggu surat edaran dari Pemprov Kepri dulu ya,” sebut Irma Annisa, sambil tersenyum. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here