Bhabinkamtibmas Punya Speedboat

0
314
AKBP Ucok Lasdin Silalahi

LINGGA – Dengan kondisi geografis Kabupaten Lingga sebagai daerah kepulauan yang mempunyai 604 pulau, personel Bhabinkamtibmas Polres Lingga memiliki kendala untuk menjangkau desa binaannya.

Mengatasi hal tersebut, Polres Lingga memberikan 2 kapal cepat (speedboat) kepada Polsek Senayang dan Polsek Daik Lingga. Speedboat ini merupakan pendistribusian, dari Direktorat Kepolisian Perairan yang memang dikhususkan untuk Bhabinkamtibmas,” ujar AKBP Ucok Lasdin Silalahi, Kapolres Lingga, Rabu (10/1).

Sebelum memberikan sarana speedboat, Polres Lingga melalui Satpolair Polres Lingga terlebih dahulu melaksanakan Pelatihan Operator dan Navigasi kepada personel Bhabinkamtibmas yang diprioritaskan sebagai nakhoda speedboat tersebut.

Pelatihan ini akan diadakan 2 hari yang dimulai dari tanggal 9 hingga 10 Januari, Selasa (9/1). Untuk itu, Ucok Lasdin Silalahi membuka langsung pelatihan itu.

Ia menambahkan, Polri sangat mendukung dan memperhatikan tugas yang dijalankan seorang personel Bhabinkamtibmas diwilayah yang sulit transportasi.

”Polsek Senayang dan Polsek Daik Lingga, agar mempersiapkan nakhoda kapal atau yang biasa kita kenal dengan tekong kapal. Ini bertujuan untuk memaksimalkan penugasan di lapangan nantinya,” ucap Ucok Lasdin.

Ia menegaskan, untuk disetiap kesempatan Bhabinkamtibmas harus selalu berada di tengah tengah masyarakat. Sehingga, bisa diketahui masyarakat dan tidak lupa juga untuk tetap mengawali penggunaan Dana Desa (DD).

Pada hari pertama, Satpolair Polres Lingga mengutamakan pemahaman teori dan pemahaman tentang tali temali. Sedangkan, di hari keduanya difokuskan pada praktik membaca GPS.

Saat ditemui Kasatpolair Polres Lingga AKP Paten Tarigan SH mengatakan, speedboat ini nantinya akan kita percayakan kepada satu orang. Sehingga, armada yang diberikan dapat terawat dengan baik. ”Nanti kita buat Surat Perintah untuk pemegang speedboat. Sehingga armada lebih terawat dengan baik,” kata Paten. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here