Bhabinkamtibmas Turut Awasi Dana Desa

0
547
TINJAU pelabuhan: Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi saat meninjau Pelabuhan Roro Jagoh belum lama ini. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Kepala Kepisian Resort (Kapolres) Lingga, AKBP Ucok Lasdin Silalahi menilai, pentingnya personel Bhabinktibmas memahami prosedur pengunaan Dana Desa (DD). Hal ini bertujuan agar pengawasan pengunaan DD efektif, efisien dan akuntabel dan sesuai ketentuan yang berlaku.

AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, hal itu juga sesuai kesepakatan melalui MoU antara Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes dan PDTT) Eko Sandjojo.

Baca Juga :  Sistem Zonasi PDDB Diterapkan

”Agar dapat menjalankan tugas dengan baik, personel Bhabinkamtibmas nantinya akan diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek),” kata AKBP Ucok Lasdin, kemarin.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Lingga.

Sehingga, personel bisa memperoleh data terkait pelaksanaan pengunaan DD yang telah dilakukan. Selain penyerapan yang optimal dan transparan, dalam pelaksanaannya program DD harus melibatkan masyarakat secara optimal.

”Pelaksanaan pembangunan tidak diborongkan oleh pihak ketiga. Harus dengan swakelola masyarakat setempat,” ucapnya.

Baca Juga :  Lingga-Tanjabtim Sepakat Kelola Pulau Berhala

Ia menekankan, kepada para personil Bhabinkamtibmas Polsek dijajarannya Polres terus melaksanakan koordinasi dengan warga masyarakat setempat. ”Setiap Bhabinkamtibmas yang bertugas di desa harus selalu bersinergi, dan melakukan kemitraan yang baik dengan perangkat desa agar penggunaan DD sesuai dan tepat sasaran,” jelasnya.

”Apabila ada indikasi ada suatu peyimpangan wajib, hukumnya Bhabinkamtibmas mengingatkan tetapi kalau diingatkan tetap tidak mengindahkan peringatan. Maka, yang berasangkutan akan bertanggungjawan sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” tegas Kapolres. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here