BI Buka Kas Penukaran Uang Recehan

0
1025
PEGAWAI salah satu bank ketika sedang melayani nasabahnya saat menukarkan uang belum lama ini.F-ISTIMEWA

Bank Indonesia (BI) Kepri menyiapkan program penukaran uang pecahan di Batam, Sementara untuk Tanjungpinang dan Karimun, menghadapi kebutuhan masyarakat jelang lebaran disiapkan kas titipan.

KARIMUN – Demikian dihimbau agar masyarakat mengurangi transaksi tunai. Sementara penukaran pecahan, BI menyiapkan uang pecahan senilai Rp3 triliun untuk Kepri. Menurut Kepala BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, mereka akan membuka kas titipan. Dimana, mereka menggunakan perbankan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

”Kas titipan kita buka di Tanjungpinang, Karimun dan Natuna. Dengan kas titipan, bank-bank itu tidak perlu ke Batam,” harap Gusti.

Untuk kas keliling di luar Batam, digelar pada 15 sampai 18 Mei di Moro, Tanjung Batu. Selain itu, tanggal 22 sampai 25 Mei di Sedanau, Ranai. Sementara, pengiriman kas titipan 15 sampai 16 Mei di Tanjungpinang sebanyak Rp72 miliar dan 18 sampai 21 Mei di Tanjung Balai Karimun Rp56 miliar.

Baca Juga :  Air Minum Atarin Ditarik dari Pasaran

Sementara untuk Anambas, BI membuka layanan penukaran uang pecahan kecil melalui BI jangkau di Anambas yang termasuk daerah 3T (terdepan, terluar dan terpencil) bekerjasama dengan BPD Riau Kepri.

Untuk Batam, dilaksanakan program penukaran uang. Penukaran uang dilakukan dengan memperbanyak jumlah titik penukaran uang pecahan kecil.

Di Batam akan ada 37 titik penukaran uang yang dilakukan oleh 37 bank dengan jumlah paket uang pecahan kecil yang ditukarkan, pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu serta Rp2 ribu.

Baca Juga :  Masyarakat Diminta Waspadai Wabah Penyakit Pascabanjir

Gusti menambahkan, pada 26 Mei 2018 di Ruko Mega Legenda 2 dan Lapangan Parkir KFC Botania (tentative) bersama perbankan dengan modal kerja penukaran sebesar Rp1,5 miliar.

Sementara, pada 2 Juni 2018 di Halaman Parkir Food Court Pasar Tiban Center, Halaman Parkir Ex Gedung Hypermart Batu Aji dan Lapangan Komplek SP Plaza Batuaji dengan dana sebesar Rp1,5 miliar.

Selain itu, ada kas keliling dalam Kota sebanyak enam kali. Tempatnya 14 Mei di Pasar Sagulung, 16 mei di Pasar Pagi jodoh, 21 Mei di Pasar Penuin, Baloi, 23 Mei di Pasar Nagoya, Puja Bahari, 28 Mei di Pasar Legenda, 30 Mei di Pasar Sungai Harapan.

Baca Juga :  OJK Ajak Masyarakat Bijak Berinvestasi

”Diimbau agar masyarakat melakukan penukaran uang di tempat-tempat penukaran resmi baik,” himbau Gusti.

Gusti mengimbau, masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan uang. Masyarakat diminta untuk selalu cermat dan teliti terhadap ciri keaslian uang Rupiah (Ingat 3D yakni Dilihat, Diraba, Diterawang). ”Kita harus antisipasi peredaran uang palsu,” harapnya. (MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here