BI Jadikan Busung sebagai Desa Homestay

0
448
Proposal: Rusli Kades Busung saat menunjukkan proposal pembangunan toilet homestay yang diajukan oleh Traveller Bintan untuk desa, Kamis (23/2). F-Jendaras/TANJUNGPINANG POS

Bintan – DESA Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam bakal menjadi desa wisata berbasis masyarakat. Program itu dijalankan Bank Indonesia (BI), dengan cara membangun toilet yang berstandar penginapan.

Mirawati, pendamping desa wisata dari traveller Bintan mengatakan, pihaknya saat ini mengajukan proposal pembangunan toilet, untuk puluhan rumah yang ada di Desa Sebong Pereh dan Desa Busung.

Proposal tersebut diajukan atas saran dari BI, mengenai program pengembangan desa wisata berbasis masyarakat.

Pelaku usaha pariwisata di Bintan, lanjutnya, sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dari Bank Indonesia (BI), terkait peran serta masyarakat dan desa dalam menunjang pariwisata di Bintan.

”Sehingga BI, tertarik untuk memberikan kepeduliannya, untuk pengembangan wisata di Bintan. Salah satunya dengan cara menjadikan Busung sebagai desa homestay,” sebutnya, Kamis (23/2).

Dengan adanya pembangunan toilet tersebut, lanjutnya, maka rumah warga akan menjadi homestay, yang dapat digunakan untuk tamu lokal maupun asing. Sehingga nanti akan memberikan dampak pendapatan untuk warga desa.

”Kalau desa di Bintan sudah menjadi tujuan wisata, maka ini akan seperti di Bali. Wisata akan tumbuh, dan budaya lokal juga akan terekspos,” katanya.

Kepala Desa Busung Rusli sangat menyambut baik program tersebut. Menurutnya, sejak setahun terakhir ini, Desa Busung terus berbenah untuk mengangkat potensi wisata yang ada.

”Kami mendukung dan akan siap menjadi fasilitator program ini. Kami berharap dengan ini akan meningkatkan pendapatandi sini. Kami juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak,” ujaranya.(Jendaras)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here