BI Minta Uang Rusak Segera Ditukar

0
1103
PELAYANAN: Pegawai Bank Muamalat Tanjungpinang saat melayani nasabah, belum lama ini. F-Andri/tanjungpinang pos

Tanjungpinang – Bank Indonesia (BI) cabang Kepri meminta masyarakat menukarkan uang tak layak edar. Ketentuan uang tak layak edar ini meliputi ciri fisik uang lusuh, rusak, sobek, coret-coret dan uang yang telah dicabut atau ditarik dari peredaran.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, Jumat (3/2). Ia juga menyarankan jika ada uang rupiah yang tak layak edar segera ditukarkan. Dengan demikian, uang yang beredar ditengah masyarakat nantinmya semua bagus dan layak.

Untuk menukar uang rupiah rusak dengan uang yang berkualitas bagus, bisa langsung ke bank terdekat atau ke kantor BI. Penukaran ini, tidak dipungut biaya atau gratis.

”Datang saja langsung ke bank umum atau BI untuk tukar uang tak layak edar tersebut. Jika bank umum tidak mau menerima, maka dapat melapor ke kami (BI),” ujarnya.

Syarat uang yang dapat ditukar dengan uang baru, yaitu uang asli, seandainya ketidaksengajaan tersobek dan terbakar maka minimal masih tersisa 2/3 bagian dari bentuk uang dan masih terdapat nomor seri.

Selain membuka pelayanan penukaran uang, BI juga mengajak masyarakat bersama-sama menghargai rupiah. Pihak BI memberikan pemahaman dan sosialisasi sanksi hukum tentang perusakan uang yang ada di Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011, soal mata uang.

”Setiap orang yang dengan sengaja merusak rupiah dengan maksud merendahkan seperti merobek, menggunting rupiah, dikenakan denda. (ANDRI DWI S)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here