Biaya Kuliah Ditanggung Pemkab

0
297
Diploma-IV Pengelolaan Perhotelan (Reservation) Kampus Politeknik Bintan Cakrawala di Lagoi. f-istimewa

10 Putra-Putri Anambas Kuliah di STTI Hidayatullah dan BTP

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), kembali menyekolahkan siswa asal Anambas untuk berkuliah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Hidayatullah dan Batam Tourism Politechnic (BTP).

ANAMBAS – Bahkan, seleksi untuk masuk kedua perguruan tinggi itu telah dilaksanakan.

Bupati KKA Abdul Haris,SH mengatakan ini merupakan tahun kedua pemerintah Anambas menyekolahkan anak daerah di kedua perguruan tinggi tersebut.

”Yang kita kuliahkan itu 10 orang, dengan estimasi 5 di STIT Hidayatullah dan 5 lagi di Kampus BTP,” ujar Haris, Jumat (17/5).

Ia mengungkapkan, tujuan dari beasiswa yang diberikan ini adalah agar putra dan putri Anambas dapat menangkap peluang pariwisata yang sedang berkembang pesat saat ini.

”Untuk bidang keagamaan, dapat menjadi penyuluh-penyuluh agama bagi masyarakat di Anambas,” jelasnya.

Haris optimis, apabila pada tahun depan Pemerintah Daerah dapat menambah kuota anak yang dikuliahkan dari lima menjadi 10 orang di masing-masing perguruan tinggi.

Selanjutnya, saat ini ada anak yang telah lulus dari beasiswa yang diberikan berencana ingin membuka restoran secara mandiri dengan menterjemahkan ilmu yang didapat saat pendidikan ke lapangan.

”Hal semacam ini perlu didukung, dan menjadi contoh bagi yang lain sehingga mampu membuka lapangan kerja sendiri dan orang lain,” tuturnya.

Haris menambahkan, di samping dua perguruan tinggi tadi, pihaknya juga menyekolahkan anak Anambas ke fakultas kedokteran serta pelayaran dan kelautan.

”Langkah ini dilakukan, agar ke depan anak-anak Anambas cakap secara teori dan praktek. Terlebih akan mampu meyakinkan para penumpang, agar dapat memakai jasanya,” urainya.

Ia menargetkan ke depannya, anak Anambas dapat disekolahkan untuk diving dan snockling.

Sehingga dapat menjadi profesional dan memudahkan wisatawan, karena anak Anambas sudah profesional. Diketahui, dalam 3 tahun terakhir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Kepulauan Anambas telah mendidik SDM Pariwisata di Kampus Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI) di Lagoi, Kabupaten Bintan.

Pengiriman anak daerah itu, Pemkab Anambas turut membiayai pendidikan hingga selesai.

Sejak tiga tahun berturut-turut mulai dari 2017, hingga 2019 Pemda telah memberikan subsidi belajar di SBTI sebanyak 87 orang.

Bantuan itu diberikan kepada anak-anak Anambas yang tidak melanjutkan lagi ke Perguruan tinggi, dan diprioritaskan bagi anak-anak yang tergolong keluarga tidak mampu dan tentu harus melewati seleksi terlebih dahulu.

Yunizar, selaku Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu Nakertrans (DPMPTSP-Nakertrans) pernah menyampaikan, siswa yang sekolah di SBTI sudah bekerja sebanyak 80 persen. Siswa yang disubsidi oleh Pemkab Anambas boleh bekerja di luar Anambas, sebab tidak ada keterkaitan dinas.

Mereka di sana menjalani proses belajar selama satu tahun lebih, selama 6 bulan belajar teori, sedangkan 6 bulan sisanya belajar praktik lapangan.

”Pihak sekolah yang menentukan dimana siswa-siswa itu ujian praktiknya. Hal ini dilaksanakan sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Anambas selama periode mereka,” jelas dia.

Lanjutnya, jumlah siswa asal Kabupaten Kepulauan Anambas terbanyak nomor 2 dari Kabupaten Bintan.

Pemkab Anambas diberikan subsidi, dan ditambah lagi uang saku Rp1 juta per bulan untuk masing-masing siswa.

Belum lama ini, Pihak Yayasan Bintan Resort Cakrawala meresmikan Kampus Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) yang langsung diresmikan oleh Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Dr H Nurdin Basirun S Sos Msi.

Kampus PBC, merupakan peningkatan jenjang pendidikan lanjutan dari Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI).

SBTI merupakan, program profesi dengan sertifikasi selama 1 tahun.

Sementara, SBTI telah berdiri selama 10 tahun berjalan dan telah mendidik sebanyak 1083 orang dan dari jumlah itu terdapat 803 alumni.

Kampus PBC memiliki 3 program studi masing-masing Diploma-IV Pengelolaan Perhotelan, Diploma-III Seni Kuliner serta Diploma-III Perjalanan Wisata.(INDRA- ADLY ‘BARA’)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here