Biaya Operasional Minim, Kembali 2020

0
559
BUS Damri saat parkir di Terminal Seicarang Tanjungpinang.f-andri/tanjungpinang pos

2019, Damri Tanjungpinang-bintan Dialihkan Ke Lingga

Mulai tahun 2019 ini, dua unit bus Damri dari Kementerian Perhubungan RI yang beroperasi di wilayah Tanjungpinang dan Bintan tidak lagi melayani angkutan darat.

TANJUNGPINANG – Hal ini dikarenakan masalah biaya operasional yang tidak sebanding dengan aktivitas layanan Damri yang sebelumnya rutin melayani masyarakat di Pulau Bintan. Dengan begitu, Kemenhub melakukan pemutusan kontrak sementara.

Kepada Tanjungpinang Pos, Kepala cabang (Kacab) Perum Damri Kepri, Arief Hermanto menjelaskan, persoalannya adalah masalah anggaran yang diberikan dari kementerian masih sama dengan tahun 2018.

Baca Juga :  5 Tahun, Dana Desa Kepri Rp1,06 Triliun

Sementara biaya Perawatan dan Penentuan Persediaan sparepart sudah tidak sama dengan tahun sebelumnya.

”Sehingga Menhub memutuskan agar dipindahkan saja ke jalur pendek. Jalur pendek yang ada saat ini hanya di Lingga, Sungai Pinang,” jelas Arief, Rabu (9/1) kemarin.

Arief berjanji, tahun 2020 dipastikan Damri yang saat ini rutin melayani rute Tanjungpinang-Tanjunguban, Tanjungpinang-Berakit dipastikan akan kembali beroperasi seperti biasa.

”Insya Allah, tahun 2020 kita kembali melayani Tanjungpinang-Bintan,” tegas Arief.

”Jadi untuk 2019 ini, Tanjungpinang-Uban off, tidak beroperasi. Asetnya kita istirahatkan dulu,” timpalnya. Arief mengelak ketika disinggung bahwa selama Damri beroperasi di Pulau Bintan, pihaknya merugi karena minimnya calon penumpang yang menggunakan transportasi Damri. ”Tidak ada yang merugi,” sebutnya.

Baca Juga :  Cari Alasan Agar Bisa Impor Beras

Saat disinggung terkait berapa persen dana yang dihabiskan untuk pengoperasian Damri di Pulau Bintan, Arief tidak bisa menyebutkan berapa besar, namun kata dia, kebijakan Kementerian Perhubungan tahun 2019 masalah anggarannya tetap disamakan dengan 2019.

Hal ini yang membuat pihaknya memutuskan kontrak sementara di Pulau Bintan dan pindah ke Lingga, dimana selama ini hanya melayani trayek pendek.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here