Bina Karakter Pelajar dengan Dream Mapping

0
366
AKBAR Alfarihi Donsy salah satu anggota kelompok KKN Stisipol Raja Haji di Desa Rewak ketika memberikan materi dream mapping kepada muri-murid SMPN 003 Lembah Rewak, Kabupaten Anambas. f-istimewa

ANAMBAS – Membentuk karakter generasi muda harus dilakukan sejak dini. Hal itulah yang menjadi dasar bagi kelompok mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang membina anak-anak di lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Anambas.

Kelompok mahasiswa-mahasiswi itu tengah melaksanakan KKN di Desa Rewak, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Program kerja KKN pembinaan karakter itu, melalui materi dream mapping digelar di SMP Negeri 003 Lembah Rewak.

Salah satu mahasiswa Kelompok KKN Desa Rewak Akbar Alfarihi Donsy menjelaskan, kegiatan ini merupakan implementasi dari 3 program unggulan yang dicanangkan oleh kelompoknya di Desa Rewak.

Sehingga, diharapkan mampu memotivasi para pelajar serta mengetahui langkah serta strategi untuk meraih impian melalui materi dream mapping.

Ia menambahkan, program dream mapping terdapat 3 hal yang perlu dikuasai oleh siswa-siswi. Pertama, siswa-siswi agar memiliki langkah yang pasti. Kedua, harus memiliki strategi, dan terakhir, dengan mengevaluasi pencapaian.

”Menurut saya adalah, ketiga hal itu merupakan bahan bakar kehidupan,” terang Akbar, kemarin.

Oleh sebab itu, lanjut Akbar, setiap manusia haruslah punya impian dan pencapaian dalam hidupnya.

Melalui materi dream mapping inilah, kelompoknya ingin membantu agar siswa-siswi SMP Negeri 003 Lembah Rewak tidak minder dan selalu semangat dalam meraih cita-citanya.

”Pada materi ini, juga akan berkaitan dengan bagaimana melatih public speaking untuk siswa-siswi SMP yang ada disini,” sebut Akbar.

Lebih jauh Akabar memaparkan, bahwa setiap orang pasti punya mimpi. Mimpi itu dimulai dari mimpi tentang kebahagiaan, kebanggaan, kekayaan dan sebagainya.

”Tetapi sebagian besar dari kita, hanya menanamkan mimpi itu dalam hati. Jarang sekali ada yang mau menuliskan, atau menggambarkan mimpi-mimpi itu,” terangnya.

Hasil yang ingin dicapai dari materi ini, masih kata Akbar, untuk membantu para pelajar untuk melatih public speaking serta diharapkan agar siswa-siswi mampu me-manajemen waktu agar lebih efektif dan efisien.

Ia menambahkan, sedangkan implementasi metode mind map dalam hubungannya dengan motivasi belajar siswa terhadap pembentukan karakter berlangsung dengan menyenangkan.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara mind map dan motivasi belajar siswa dalam pembentukan karakter siswa.

Metode yang digunakan adalah deskriptif, melalui pendekatan korelasi dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana.

Sehingga, metode itu sangat penting dan dibutuhkan bagi generasi muda yang berada di wilayah terpencil serta perbatasan yang jauh dari perkotaan.

Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang akan menggelar Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN).

Tujuan negara KKLN tahun ini, juga sama seperti tahun 2018 lalu yakni Malaysia dan Thailand. Pembantu ketua I Bagian Akademik Stisipol Raja Haji Ferizone MPM mengatakan, adapun yang mengikuti KKLN ini sebanyak 134 mahasiswa-mahasiswi didampingi 7 orang dosen dan staf. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here