Bintan Bikin Aplikasi Tracking Wisman

0
207
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama OPD membahas pembuatan aplikasi tracking wisman.
Pemkab Bintan akan membikin aplikasi untuk tracking atau pelacakan bagi wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung. Bupati Bintan Apri Sujadi meminta kepada Dinas Komunikasi dan Informasi Bintan dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan untuk menyediakan aplikasi tersebut.

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, aplikasi tersebut akan bermanfaat, guna mempermudah penelusuran atau pelacakan terhadap setiap pengunjung asing, yang datang ke Bintan. Persiapan aplikasi yang disediakan Pemkab Bintan ini, seperti yang dilakukan beberapa negara.

”Seperti di luar negeri, mereka mewajibkan pengunjung untuk mengunduh suatu aplikasi, saat mengunjungi objek tertentu. Jadi, proses tracking bagi wisatawan yang masuk, juga akan sangat membantu,” ujar H Apri Sujadi, saat memimpin rapat di Kantor Bapedda Bintan, Rabu (12/8).

Baca Juga :  Menteri Susi Sudah Tanggapi

Menurut bupati, data tersebut nantinya terintegrasi dengan sistem yang dimiliki seluruh pengelola destinasi, serta Pemkab Bintan. Guna untuk mengetahui asal, riwayat perjalanan, termasuk riwayat kesehatan pengunjung asing itu.

”Nanti, dari segi pengelolanya, akan bisa mendapat informasi atau data yang bisa digunakan untuk keperluan mereka. Dinas terkait di kabupaten, juga bisa melihat pergerakan atau mobilitas pengunjung ke mana saja,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan Wan Rudi Iskandara menuturkan, pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat, dalam penerimaan wisatawan asing, di masa normal bari Covid-19 ini. Namun, berbagai kesiapan memang harus dilakukan. Agar nantinya, jika keran wisatawan asing sudah dibuka pemerintah, Pemkab Bintan sudah siap.

Baca Juga :  Bank Sampah Solusi Persoalan Sampah

”Jika wisatawan asing sudah dibuka, tentunya aplikasi tracking wisman ini akan sangat membantu, sebagai bentuk pencegahan. Seperti layaknya persiapan di sejumlah negara luar,” tutupnya. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here