Bintan Dapat Dana Rehab 680 Rumah

0
784
Arief Sumarsono

BINTAN – PEMKAB Bintan mendapat bantuan dana untuk merehab 680 rumah miskin se-Kabupaten Bintan, tahun anggaran 2018 ini. Bantuan tersebut berasal dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) RI.

”Alhamdulillah, usulan kita diakomodir pusat. Tahun ini, kita dapat bantuan rehabilitasi 680-an rumah. Bantuan ini kita prioritaskan di beberapa kecamatan,” kata H Apri Sujadi, Bupati Bintan, Jumat (19/1) kemarin.

Pada kesempatan lain, Lurah Toapaya Asri Arief Sumarsono mengatakan, pihaknya menerima bantuan dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kemenpera RI itu. Khusus di Toapaya Asri, ada 45 rumah warga yang bakal menerima program BSPS itu.

Baca Juga :  Mahasiswa Bantu Warga buat Menolak Status Hutan Lindung

”Bantuan ini bukan untuk bangun rumah. Tapi, sifatnya berupa rehab rumah miskin,” kata Arief Sumarsono, usai menyosialisasikan program BSPS itu kepada warga Toapaya Asri, Jumat pagi kemarin.

45 warga Toapaya Asri penerima BSPS ini, jelas Arief Sumarsono, bervariasi nilainya. Untuk rehab ringan diberikan bantuan Rp 7,5 juta per rumah. Untuk rehab sedang diberikan bantuan dana Rp 10 juta, dan Rp 15 juta untuk rehab berat.

”Bantuan BSPS ini akan diserahkan melalui rekening penerima bantuan. Saat ini baru tahap sosialisasi kepada calon penerima, kemudian akan kita verifikasi. Setelah itu, baru diserahkan bantuan rehab rumah ini,” jelas Arief.

Baca Juga :  Bintan Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

Herman Sekretaris Lurah Kawal, Kecamatan Gunung Kijang juga mengatakan hal yang sama. Program BSPS dari Kemenpera RI untuk Bintan ini, akan ditangani oleh Dinas Perkim Bintan. Namun untuk penerima program, diajukan oleh pemerintah kelurahan.

”Kalau di Kelurahan Kawal, kalau tak keliru, ada 101 rumah warga yang dapat bantuan BSPS ini. Setelah bantuan dana diserahkan, rehabilitasi rumah akan dilakukan oleh masyarakat itu sendiri. Kita mengawasinya saja,” sebut Herman.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here