Bintan Dibagi 4 Dapil, Dewan Panggil KPU

0
216
H Nesar Ahmad

BINTANBUYU – KPU Republik Indonesia menerbitkan keputusan Nomor 273/PL01.3 – KPt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD kabupaten/kota dan provinsi di wilayah Kepri, untuk Pemilu 2019. Ternyata, Kabupaten Bintan dibagi menjadi Daerah Pemilihan (dapil). DPRD Bintan langsung memanggil KPU Bintan, Senin (9/4) kemarin.

Kabupaten Bintan ditetapkan menjadi 4 dapil, dengan jumlah penduduk sekitar 148.650 jiwa, dengan jumlah 25 kursi di DPRD Bintan. Dapil I terdiri dari 9 kursi, yang meliputi Kecamatan Teluk Sebong (16.519 jiwa), Teluk Bintan (10.737 jiwa), Gunung Kijang (13.049 jiwa) dan Toapaya (11.549 jiwa).

Dapil II terdiri dari 3 kursi, yang meliputi Kecamatan Bintan Pesisir (7.130 jiwa), Mantang (4.258 jiwa) dan Kecamatan Tambelan (4.518 jiwa). Dapil III dengan jumlah 7 kursi, hanya untuk di wilayah Kecamatan Bintan Timur, dengan jumlah penduduk yang terdata di DP4 sebanyak 42.532 jiwa. Dapil IV akan mewakili 6 kursi, yang sebelumnya 7 kursi (Pileg 2014). Dapil IV ini terdiri dari Kecamatan Bintan Utara (21.894 jiwa) dan Seri Kuala Lobam (16.472 jiwa).

Sementara, pada saat KPU Bintan melakukan uji publik, belum lama ini, mayoritas partai politik menyatakan, agar dapil di Bintan tetap 3 dapil. Dengan keputusan KPU RI ini, DPRD Bintan langsung memanggil KPU Bintan, kemarin pagi.

Usai mengadakan pertemuan tertutup, Ketua DPRD Bintan H Nesar Ahmad menyatakan, DPRD Bintan akan melakukan penelitian terhadap penetapan KPU pusat tersebut. Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengirimkan 2 anggota dewan untuk memastikan aturan tersebut.

”Pastinya akan kami cek dan telaah dulu, karena ada beberapa item yang harus dikaji,” katanya.

Mengenai perubahan Dapil tersebut, lanjutnya, Nesar yang merupakan politisi Partai Golkar menyatakan tak khawatir. Bahkan ia memastikan, partainya akan bekerja keras untuk Pileg mendatang, meskipun ada 4 dapil.

Sementara, Agung BW mengatakan, KPU Bintan telah menyampaikan hasil uji publik mengenai dapil ini, ke pusat melalui KPU provinsi.

”Ketika ada keputusan 4 dapil ini, itu bukan kewenangan kami lagi. Kami hanya menyampaikan, resume apa yang ada pada saat uji publik. Dari pertemuan tadi, DPRD akan melakukan konsultasi ke KPU RI,” terang Agung BW.

Ketua KPU Kabupaten Bintan Wandra Fadillah membenarkan, dari 15 partai politik (parpol) yang mengikuti Pileg di Bintan, 17 April 2019 mendatang, ada 12 parpol yang mengusulkan Pileg di Bintan tetap 3 dapil. Sedangkan 4 parpol lagi setuju, dengan diberlakukannya 4 dapil.

Parpol yang mengusulkan 3 dapil pada Pileg 2019 mendatang di Bintan adalah PDI, Golkar, Demokrat, Hanura, PKS, PAN, PKB, Berkarya, Garuda, PPP, PBB, dan Nasdem. Sedangkan yang setuju ada 4 dapil yaitu Gerindra, PSI, Nasdem dan Perindo.

”Benar ada 12 parpol yang menyetujui usulan 3 dapil dan 3 parpol lagi setuju 4 dapil. Berita acara itu sudah kita buat saat rapat koordinasi (rakor) uji publik penetapan dapil beberapa waktu lalu,” ujar Ketua KPU Bintan, Wandra Fadilah ketika dikonfirmasi, Senin (9/4) kemarin.

Dalam berita acara itu, Pihak akedemisi dan LSM juga menyetujui 4 dapil. Setelah berita acara itu dibuat, KPU Bintan menyerahkan berkas usulan itu ke KPU Provinsi Kepri dan dilanjutkan ke KPU Pusat.

”Udah diputuskan 4 dapil. Kalau penetapan wilayahnya menggunakan sistem jarum jam dengan titik koordinat di ibu kota daerah ini, yaitu Bintan Buyu,” jelasnya. (fre/aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here