Bintan Jadi Pilot Project Nasional

0
430
TERIMA KUNJUNGAN: Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam menerima kunjungan tim Balitbang Kemendagri, membahas tentang akta kelahiran gratis. f-istimewa/kominfo bintan

Perekayasaan Layanan Akta Kelahiran Gratis

BINTAN – BALITBANG Kemendagri menetapkan Kabupaten Bintan dan lima daerah lainnya, menjadi pilot project nasional, dalam penerapan perekayasaan model inovasi pelayanan akta kelahiran. Karena, Bintan sudah melaksanakan program layanan pembuatan akta kelahiran gratis, di tahun 2017 ini.

Program ini dilaksanakan guna mendorong peningkatan mutu, dalam pelayanan akta kelahiran kepada masyarakat. Serta mempercepat cakupan akta kelahiran bagi seluruh warga, negara Indonesia. Kebijakan ini disampaikan pada saat pertemuan Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam dengan tim Balitbang Kemendagri Pusat, kemarin.

Tim Balitbang Kemendagri Sugiyono menyampaikan, kedatangan rombongan pusat ke Kabupaten Bintan ini, untuk melakukan diskusi dengan Pemkab Bintan, dalam penerapan model inovasi pelayanan akta kelahiran di daerah. Selain itu, untuk memperkenalkan rancangan rekayasa model inovasi pelayanan akta kelahiran, di kabupaten/kota, dengan pendekatan kewilayahan perkotaan dan pedesaan.

Menurutnya, sasaran yang akan menjadi uji coba rekayasa model ini semua individu. Khususnya warga yang berasal dari kelompok miskin, kelompok anak rentan, komunitas atau masyarakat adat terasing, serta masyarakat dari wilayah terdepan tertinggal dan terluar (3T) yang belum memiliki akta kelahiran. Selain itu, sasaran lain adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas dalam pelayanan akta kelahiran di provinsi dan kabupaten/kota.

”Sekaligus ASN non dinas kependudukan dan pencatatan sipil, atau OPD lainnya, pendamping bantuan sosial, tenaga kesejahteraan sosial kecamatan serta individu dan kelompok masyarakat,” terangnya.

Wakil Bupati H Dalmasri Syam menyambut baik kedatangan Tim Balitbang Kemendagri itu, di Kantor Bupati Bintan. Wabup menyatakan, Pemkab Bintan sangat berkomitmen untuk terus menggesa cakupan akta kelahiran terhadap masyarakat. Karena, kepemilikan akta kelahiran itu sangat penting. Terutama dalam melakukan integritas terhadap pelayanan yang akan diberikan pemerintah kepada masyarakat.

Justru itu, tegas H Dalmasri Syam, Pemkab Bintan membuat kebijakan mengenai pembuatan akta kelahiran secara gratis, mudah dan cepat ini. Mengenai pelaksanaan teknis seperti kesiapan infrastruktur, kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) penunjang program lainnya, segera didiskusikan dengan OPD terkait. ”Agar pimpinan OPD dapat segera mengambil kebijakan, yang dapat melancarkan program ini,” tutup H Dalmasri Syam.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here