Bintan Kekurangan Guru Daerah 3T

0
697
SAMBANGI PELAJAR: Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama pimpinan FKPD menyambangi pelajar di daerah terluar dan tertinggal, belum lama ini. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – PEMKAB Bintan saat ini masih kekurangan guru, di daerah Terdepan Terluar dan Tertinggal (3T). Saat ini, Bintan hanya memiliki 17 orang guru di daerah 3T.

”Pemkab Bintan masih berusaha menambah tenaga pengajar atau guru, untuk masa mendatang. Khususnya bagi guru yang bertugas di daerah 3T. Di daerah pulau Mapur, Bintan Pesisir, Mantang, apalagi gugusan di Kecamatan Tambelan, masih banyak kekurangan guru,” kata H Apri Sujadi, Bupati Bintan, Minggu (1/10) kemarin.

”Kita berharap ada tambahan untuk guru di daerah 3T ini. Kita coba konsultasi, apakah ada penerimaan calon ASN untuk guru ini, tahun 2018 nanti. Khususnya di Bintan,” tambahnya.

Di lain hal, Bupati Bintan H Apri Sujadi menyikapi fenomena tentang peredaran bahan obat yang mengandung narkotika. Justru itu, bupati mengingatkan agar seluruh Kepsek di Bintan berperan serta dalam mengawasi jajanan pelajar, di lingkungan sekolahnya masing-masing. ”Walaupun belum ada korban di Bintan, kita tetap waspada,” tegas H Apri Sujadi.

Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir SSi MSi sebelumnya membenarkan, Bintan masih kekurangan guru untuk penempatan di daerah 3T atau Guru Garis Depan (GGD). Saat ini, pemerintah pusat telah menugaskan 17 orang guru, untuk bertugas di daerah 3T. Dari 17 orang itu, Guru SD sebanyak 12 orang, SLTP 5 orang.

Sedangkan penugasannya, di Kecamatan Tambelan ada 2 orang, Kecamatan Bintan Pesisir 4 orang, dan Kecamatan Mantang 11 orang, serta Kecamatan Teluk Bintan 1 orang. Berdasarkan data Disdik Bintan, masih terdapat kekurangan guru SD dan SMP. Kita perlu sekitar 1.100 guru PNS di tingkat SD dan SMP.

Kekurangan 1.100 guru tersebut, ditutupi oleh sekitar 900 orang tenaga guru insentif daerah, dan sekitar 200 orang guru komite sekolah. ”Sejak tahun 2012 lalu, pemerintah pusat belum ada pengangkatan guru ASN, untuk Bintan,” sebutnya.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here