Bintan Masih Aman dari Cacar Monyet

0
73
TURIS mancanegara datang ke Lagoi melalui pelabuhan internasional Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi, Bintan, baru baru ini. F-JENDARAS/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – Kabupaten Bintan dipastikan masih aman dari penularan virus cacar monyet atau monkeyfox. Meski Bintan memiliki beberapa jalur masuk turis dari Singapura.

Gamma Isnaeni, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan yang dikonfirmasi oleh Tanjungpinang Pos memastikan, virus monkeyfox belum sampai ke Bintan. Meski demikian, pihaknya bersama pihak terkait tetap waspada.

”Masih aman dan semoga aman terus. Kami sudah berkoordinasi dengan KKP untuk screening turis yang masuk,” kata Gamma, kemarin.

Saat ditanya apakah ada alat khusus untuk mendeteksi virus monkeyfox seperti penyakit SARS, Gamma mengatakan, belum sampai penggunaan alat khusus seperti itu.

”Belum ada alat khusus. Untuk persiapan jika ditemukan, sudah kami koordinasikan ke provinsi. Tapi dari kondisi saat ini, kami pastikan aman,” sebutnya.

Kabupaten Bintan dan negara Singapura, memiliki pintu masuk yang sangat dekat melalui jalur pelabuhan laut. Ada 3 pintu masuk dari Bintan menuju negeri Singa tersebut. Yaitu pelabuhan Bandar Bintan Telani Lagoi, yang menjadi lalu lintas 500 ribu lebih wisatawan. Kemudian Pelabuhan Bandar Sri Udana Lobam dan Pelabuhan Bintan Lagoon Resort. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here