Bintan Penaga Bay Dipromosikan ke Hongkong

0
594
PROMOSI INVESTASI: Anggota BP Kawasan FTZ Bintan Radief Anandra dan Kabid Perizinan DPMPTSP-Naker Bintan Alfeni Harmi, mendengarkan pertanyaan pengusaha Hongkong, saat mempromosikan investasi Bintan Penaga Bay, pekan lalu. F-ISTIMEWA

BINTAN – BADAN Pengusahaan (BP) Kawasan Free Trade Zone (FTZ) Bintan dan DPMPTSP-Naker Bintan mempromosikan, kawasan investasi baru Bintan Penaga Bay ke Hongkong, pekan lalu. Dari 70 pengusaha yang hadir, sudah ada beberapa pengusaha Hongkong yang melirik untuk menjajaki, dan berinvestasi di Bintan Penaga Bay.

BP Kawasan FTZ Bintan dan DPMPTSP-Naker Bintan mempromosikan kawasan investasi seluas 200 hektare ini, bersama Kemenko Perekonomian RI, BKPM RI dan Komjen RI di Hongkong. Dalam seminar investasi baru Bintan Penaga Bay ini, 70 pengusaha Hongkong yang hadir berasal dari bidang estate (properti), pariwisata, pertanian, perikanan, jasa travel agen, media promosi pariwisata sampai dengan pengusaha industri.

”Saat di Hongkong, kita menjelaskan bahwa Bintan Penaga Bay ini adalah kawasan investasi baru seluas 200 hektare. Terutama untuk pengembangan sektor pariwisata tradisional Melayu,” kata Radief Anandra, Anggota BP Kawasan FTZ Bintan setelah kembali ke Bintan, usai mempromosikan project Bintan Penaga Bay di Hongkong, kemarin.

Kabid Perizinan dan Investasi DPMPTSP-Naker Bintan Alfeni Harmi menjelaskan, kepada 70 pengusaha di Hongkong dipaparkan, bahwa kawasan investasi baru Bintan Penaga Bay ini berada di daerah Tanah Merah, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan. Di kawasan ini sudah dibangun infrastruktur pendukung investasi.

Selain investasi pariwisata, bisa juga dibangun investasi pendukung lainnya. Seperti investasi pengolahan perikanan maupun pendukung lain. Dalam ekspos itu, juga dijelaskan mengenai kemudahan perizinan untuk berinvestasi di Bintan. Hal itu membikin pengusaha tertarik.

”Baru seminggu kita ekspos di Hongkong, sudah ada empat pengusaha yang tertarik, untuk menjajaki,” ujar Alfeni, Selasa (5/12) kemarin.

Dari empat pengusaha itu, ungkap Alfeni, satu bergerak di bidang estate, satu dari promosi pariwisata, satu perusahaan suplai ikan tuna dan satu bidang pariwisata project Penaga.

”Bahkan, satu investor ini (project penaga), cukup intens berkomunikasi dengan kami. Mereka akan melihat langsung ke Bintan, awal 2018 nanti. Mereka sudah bertanya tentang proses perizinan untuk berinvestasi di Bintan Penaga Bay ini,” jelas Alfeni.

Selain mempromosikan Bintan Penaga Bay, tim BP Kawasan FTZ Bintan dan DPMPTSP-Naker Bintan juga meninjau Kota Zhanzen, untuk mengetahui tentang sistem pengelolan kawasan bebas.

”Setelah kami meninjau sistem kawasan bebas di Shanzen, intinya investasi itu diawali dengan status lahan yang clear,” demikian ditambahkan Alfeni.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here