Bintan Triathlon Diikuti 35 Negara

0
203
Peserta Bintan Triathlon 2017 lalu saat baru saja dilepas dari garis start untuk mengikuti tantangan renang di laut Nirwana Gardens Resort. f-jendaras/tanjungpinang pos

Sebanyak 1.300 peserta akan mengikuti event Bintan Triathlon 2018 yang akan diselenggarakan, mulai Jumat (11/5) hari ini hingga Minggu (13/5) di Nirwana Gardens Resort, Lagoi dan diikuti pelari dari 35 negara di dunia.

BINTAN – DARI sekitar 1.300 peserta tersebut, hanya 10 persen diantaranya dari berbagai daerah di wilayah Indonesia. Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira, mengatakan, jumlah peserta yang ada saat ini hampir sama dengan tahun 2017 lalu. Namun event ini selalu semarak dengan kehadiran atlet profesional dunia dan juga para pecinta olahraga triathlet Nusantara.

”Even ini akan dilaksanakan pada 11 hingga 13 Mei 2018. Dimana puncaknya adalah pada Sabtu (12/5) yang merupakan event pada kategori utama. Pada hari itu juga akan hadir atlet nasional, namun kami belum bisa sampaikan saat ini,” katanya, Kamis (10/5).

Ia menambahkan, untuk event kali ini dipastikan akan ada 5.000 wisatawan asing dari peserta, keluarga dan official, serta penonton lainnya yang datang ke Bintan. Hingga saat ini seluruh penginapan dan resort sudah penuh menjelang event tersebut. ”Target kami tetap ingin mendatangkan PAD dan meningkatkan jumlah wisatawan ke Bintan. Ini juga merupakan bagian dari kalender event wisata Bintan dan juga Kementerian Pariwisata RI yang menjadikan Bintan sebagai salah satu tujuan wisata olahraga terbaik di Indonesia,” jelasnya.

Tahun lalu, sekitar 1.300 peserta dari 37 negara berlomba menjadi yang tercepat di Bintan Triathlon 2017. Sejak perlombaan dimulai ratusan atlet menyerbu bibir pantai Nirwana. Tidak kurang 3.000 lebih pengunjung menjadi saksi perhelatan tahunan tersebut.

Acara Bintan Thriatlon 2017 telah sukses digelar dengan dukungan Wonderful Indonesia. Ini menjadi acara sportourism yang selalu dinanti atlet dan penggemar triathlon di seluruh dunia. Bintan Triathlon sangat signifikan mendulang kedatangan wisman. Dari keseluruhan peserta maupun penonton hampir 90 persen didominasi wisman.

Atlet dari dalam dan luar negeri ini bakal melalui tiga jenis rintangan gabungan tiga cabang olahraga (cabor) yakni renang, bersepeda dan lari sambil menikmati indahnya pemandangan alam di Bintan.

Diikuti Atlet Asian Games
Kejuaraan internasional Bintan Triathlon kembali digelar di Nirwana Gardens Resort, Lagoi, Kabupaten Bintan, Sabtu (12/5) besok. Di ajang ini, sejumlah atlet Asian Games asal Indonesia akan bersaing dengan 1.300-an triathlete dunia lainnya.

”Yang terdaftar itu, ada sekitar 1.300-an atlet triathlon (triathlete), dari 35 negara. Di Bintan Triathlon 2018 ini, juga menjadi ajang uji coba atlet Asian Games dari Indonesia,” kata Luki Zaiman Prawira, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Kamis (10/5) kemarin.

Luki menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti lomba triathlon tahun 2018 ini, lebih banyak dibandingkan penyelenggaraan tahun 2017 lalu. Untuk nama-nama atlet Asian Games dari Indonesia itu, belum dirilis hingga, Kamis sore kemarin.

”Mereka datang, Jumat ini. Atlet Indonesia itu, turun di kelas utama. Mereka berlomba, Sabtu (12/5) besok,” sebut Luki.

Kelas yang dilombakan dalam ajang Bintan Triathlon 2018 ini, antara lain kelas utama olympic distance dengan renang 1,5 kilometer, balap sepeda 40 kilometer, dan lari 10 kilometer. Kelas sprint distance terdiri dari renang 750 meter, sepeda 20 kilometer dan lari 5 kilometer.

Kategori youth distance yaitu renang 300 meter, sepeda 12 kilometer, dan 3 kilometer. Serta kelas fun race duo race duo challenge yakni renang 1,5 kilometer sepeda 150 meter, serta lari.

”Yang membuka lomba ini kemungkinan dari Kementerian Pariwisata RI dan Pak Bupati Bintan H Apri Sujadi, serta Pak Wabup H Dalmasri Syam,” tambah Luki.

Bupati Bintan H Apri Sujadi merasa bangga, lomba Bintan Triathlon 2018 internasional ini bisa diselenggarakan kembali. Menurutnya, dalam lomba ini, paling minimal bisa mendatangkan 5 ribu turis mancanegara. Jumlah itu sudah termasuk keluarga dan official dari atlet triathlon yang berlomba.

”Kita juga bangga, tahun ini mendapat dukungan dari pemerintah pusat, dengan melibatkan sejumlah atlet nasional Indonesia yang bakal turun di Asian Games 2018 mendatang. Ini menjadi ajang uji coba atlet Indonesia, sebelum turun di Asian Games,” terang H Apri Sujadi.

”Dari lomba triathlon ini, kita juga mendapat PAD yang cukup besar,” sambungnya.(YENDI-JENDARAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here