Bintan Usulkan 100 Hektare untuk Pertanian Cabai

0
569
PANEN CABAI: Dulfariz, petani memanen cabai yang ditanam di Bintan, baru-baru ini. f-dokumen/tanjungpinang pos

BINTAN – Dinas Pertanian Kabupaten Bintan mengusulkan pengembangan pertanian cabai di Bintan, seluas 100 hektare. Usulan tersebut akan disampaikan setelah pengembangan tanaman jengkol dan petai sudah berjalan, pada tahun ini.

Supriyono, Kepala Dinas Pertanian Bintan mengatakan, usulan pengembangan usaha budi daya cabai itu melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Tujuan pengembangan cabai ini untuk menjaga pasokan dan stabilitas harga cabai, di Bintan.

”Secara nasional isu cabai ini cukup penting. Di Bintan juga masih kurang pasokannya. Sehingga, perlu dikembangkan di sini. Kami usulkan 100 hektare kebun baru untuk cabai di Bintan,” katanya.

Untuk pengembangan cabai, lanjutnya, nantinya jika disetujui akan mendapatkan stimulan bagi para petani. Biasanya per satu hektare, akan diberikan bantuan sebesar Rp 30 juta.

”Soal lahan, nanti akan kami kerja sama dengan petani. Bila nantinya tidak ada lahan, maka kami akan ajukan pinjam pakai lahan kawasan hutan, ke Pemprov Kepri untuk pertanian,” sebutnya. Ia menambahkan, pasaran cabai dapat dipasok keluar Bintan. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here