Bisnis Online Pengaruhi Daya Beli di Pasar

0
556
Pertokoan yang berada Jalan Pasar Ikan kawasan pelantar sepi pengunjung.f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pedagang di Pasar Kota Lama dan kawasan sekitar pelantar merasakan, daya beli konsumen turun, sejak beberapa waktu lalu. Hal ini terjadi akibat maraknya bisnis online, sebagai pesaing pedagang tradisional.

Ratna seorang pedagang busana menyebutkan, sekarang untuk daya beli masyarakat sangat turun, jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Sebelumnya, setiap hari ada pembeli yang datang untuk berbelanja. Namun, sekarang ini berbeda. ”Sepi yang datang berbelanja. Kalau sekedar melihat, terkadang ada saja yang masuk,” keluh Ratna, kemarin.

Baca Juga :  Tak pakai Masker Pengenda Kena Setop

Ia menyebutkan, turunnya daya beli ini karena sudah banyak pedagang yang menjajakan barang dagangan melalui online atau media sosial. Bisnis online ini sangat berpengaruh bagi pedagang di pasar.

”Mereka tidak perlu biaya dalam keseharian untuk menjajakan barang dagangan. Tapi barang dagangan yang dijualnya, dalam segi kualitas jelas berbeda dengan apa yang kita jual,” sebutnya.

Namun, Ratna tetap optimis barang dagangannya akan laris dan laku. Untuk menarik para pembeli setiap hari, Ratna sering memberikan diskon. ”Awal bulan, biasanya ada yang jual murah, seperti beli dua baju dapat satu baju,” tuturnya.

Baca Juga :  Pedagang Wajib Jaga Kebersihan

Ratna menambahkan, untuk pendapatan usahanya, tergantung dari barang dagangan yang laku. Tapi, keuntungan per bulan yang didapatkanya, masih cukup menutupi pembayaran gaji 2 orang karyawannya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here