Bisnis Online Shop Terus Bersaing

0
467
IBU Epi ketika sedang membuat Kue Gelombang Malaysia di dapur rumahnya untuk dijual secara online di Medsos Facebook F-Eunike/Mahasiswa Magang Tanjungpinang Pos

TANJUNGPINANG – Hingga saat ini, bisnis e-commerce atau bahasa kerennya bisnis online shop terus memperlihatkan tren yang positif di Tanjungpinang.

Bahkan, Kue Gelombang Malaysia buatan Tanjungpinang bisa dibeli melalui Forum Jual Beli (FJB) pada Facebook.

Seorang ibu rumah tangga beranma Epi (34), memanfaatkan FJB yang terdapat di Medsos Facebook untuk menjual Kue Gelombang Malaysia nya.

Menggeliatnya bisnis berjualan dengan online shop, tentu ditopang dengan pengguna internet se-Indonesia bahkan dunia.

Jutaan pengguna internet, merupakan potensi pasar bisnis jualan online shop.

Bisnis yang bermodalkan hape smarthphone ini, juga mampu dilakukan anak muda hingga orangtua memasarkan produk dagangannya dengan mudah dan tidak sulit prosesnya.

Bahkan, bagi sekelas perusahaan belanja online terkemuka tentunya memiliki website tersendiri untuk memasarkannya melalui jaringan internet.

Walau dirasanya, kini bisnis makanan ringan dengan cara online telah banyak pelaku bisnisnya.

Namun, jutaan pengguna Medsos tentu masih menjanjikan sebagai pasar potensial.

Ibu Epi selaku pengusaha online shop yang tinggal di Jalan Kijang Lama Batu 6 ini mengungkapkan, walaupun banyak saingan tapi tetap berusaha mengembangkan ide kreatifnya.

Menurutnya, berjualan dengan sistim online jangan hanya menjual satu jenis produk saja.

“Jika hanya jual satu jenis makanan saja, mungkin akan sulit laku. Karena calon pelanggan itu, bermacam-macam menilai produk kita. Baik itu secara kemasan, maupun isinya ditambah komen-komen mereka yang harus diyakinkan. Saya pernah seperti itu, dan awalnya sempat sepi. Dari pengalaman itulah, saya mengambil pelajaran berharga,” terang Epi, kemarin.

Ia menambahkan, sebagai pedagang tentunya harus sabar dalam menyikapi segala komentar calon pembeli.

Terlebih, forum FJB pada Facebook dihuni jutaan pengguna Medsos Facebook didalammnya. Sehingga, apa pun produk yang diposting tentu dilihat banyak orang.

Selain itu, berbisnis online juga dituntut selalu berkreatifitas untuk menambah nilai jual. Sebut saja kemasan, yang selalu tampil menarik agar menarik pembeli.

“Tidak sedikit juga yang meragukan produk kita, seperti soal rasa hingga benar apa tidak yang berjualan alais bisa dipercaya. Namun, itu kita sikapi dengan baik dan santun serta harus komitmen sebagai pedangang untuk menghimkan barang yang di pesan kepada pembeli,” ungkap Epi.

Ibu Epi bahkan tidak menyangka, Kue Gelombang Malaysia bikinannya dipesan sebanyak 100 Kilogram (Kg).

Seorang ibu bernama Keila yang pernah membeli produk ibu Epi mengatakan, harga dan rasa kue yang dibuat ibu Epi sebanding.

“Walau ibu Epi hanya hidup dengan seorang anaknya, yang masih duduk dibangku SD kelas 1. Namun, hasil dagangannya mampu menghidupinya sehari-hari,” terang Keila.

Kini, produk barang yang dijual melalui online shop beragam tidak hanya sekedar pakaian, parfum, kosmetik serta aksesori wanita dan pria. Tetapi, produk makanan ringan hingga masakan untuk catering juga tersaji informasinya. (abh/siti/eunike)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here