Bisnis Online, Siswi SMKN 1 Jadi Jutawan

0
597
SRI Rahayu dan Adelia didampingi guru SMKN 1 Tanjungpinang Delisbeth SPd, memaparkan bisnis online, baru-baru ini. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Sri Rahayu dan Adelia siswi SMK Negeri 1 Tanjungpinang, di usia remaja sudah menjadi jutawan. Mereka menggunakan hape bukan untuk main game. Melainkan, menjadi pengusaha lewat media sosial, dengan penghasilan setahun hampir Rp 300-an juta, rata-rata Rp 30 juta per bulan.

Saat didampingi Delisbeth SPd seorang guru SMKN 1 Tanjungpinang, Sri menjelaskan, ia menggunakan instagram untuk menjalankan usahanya. Barang yang akan dijual ditampilkan di akun instagram @Yuks_shoppingstore, dan akun facebook Yuks Shopping store. Ia menjual produk dengan mempromosikan lewat foto di media sosial itu. Kemudian, ada pesanan dan disepakati harganya, serta dilakukan pengiriman barang. ”Kalau sampai batu sembilan, itu bebas ongkos kirim,” ujar Sri, baru-baru ini.

Hingga saat ini, Sri sudah memiliki 12 ribu follower IG (instagram). Follower itu didapat bukan karena foto selfie. Tapi, karena siswi kelas 11 SMK Negeri 1 Tanjungpinang jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini, memanfaatkan teknologi hape android untuk berbisnis.

Menurut Sri, tidak mudah untuk menjalankannya, apalagi sambil melaksanakan tugas pokoknya bersekolah. Ditambah lagi dengan kompetitor. Namun demikian, Sri tetap optimis menjalankan usaha menjual barang-barang dengan harga berkisar Rp 45 ribu sampai dengan Rp 150 ribu.

Mental berbisnis Sri sebenarnya sudah muncul sejak duduk di bangku kelas VI Sekolah Dasar (SD). ”Waktu itu kan lagi musim gelang. Coba-coba jualan gelang. Rupanya banyak yang minat. Makanya diteruskan bisnis online ini, jual jam, baju, celana dan lain-lain lah,” kata Sri.

Dari 59 pelajar di kelas Sri, ternyata ada juga siswi lain yang menjalani bisnis online, Adelia namanya. Adelia juga menggunakan instagram untuk berbisnis dengan nama IG, @queenstore_tnj. Meski follower IG miliki Adelia baru sekitar 300-an, tapi dia tetap optimis nantinya akan semakin berkembang. Dalam menjalankan bisnis online ini, Adelia juga berpenghasilan jutaan rupiah per bulan. Siswi yang satu ini, menyediakan pesanan apa saja.

”Konsep saya dalam bisnis ini, ya itu. Apa yang lu mau, guwa ada,” tuturnya.

Adelia berusaha keras untuk mendapatkan barang pesanan pelanggan. Adelia pun berharap agar pelajar di Tanjungpinang merintis bisnis dari usia belia maupun remaja. Selain pendidikan, manfaatkan waktu untuk menjalankan bisnis. Hape android bukan untuk main game, tapi untuk bisnis dan belajar. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here