BKKBN Bikin Kampung KB

0
751
Kampung KB: Inspektur Utama BKKBN Agus Sukiswo dan Sekdako Batam jefridin di peluncuran kampung KB di Kampung Tua Bagan, Sei Beduk, Batam Jumat (29/9). f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menghadirkan kampung KB di Sei Beduk, Batam. Kampung KB hadir di Kampung Tua Bagan, Tanjungpiayu, Sei Beduk. Dengan kehadiran kampung KB ini, selain untuk membatasi angka kelahiran, juga untuk membantu mendukung pembangunan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Peresmian kampung KB itu dilakukan Inspektur Utama BKKBN, Agus Sukiswo dan Sekdako Batam, jefridin, saat peluncuran kampung KB, Jumat (29/9), di Bagan, Sei Beduk, Batam?. Pada kesempatan itu, dilakukan penandatanganan kain sebagai bentuk komitmen dan dukungan untuk kampung KB.

”Kampung KB ini hadir, tidak hanya untuk pembatasan kelahiran, tetapi juga untuk mendukung pembangunan kesehatan dan kesejahteraan keluarga,” kata Agus menyampaikan sambutan Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty.

Dijelaskan, penting untuk mencapai hasil pembangunan kependudukan dan Keluarga Berencana yang optimal, menurut Surya, antara lain adalah strategi komunikasi dan sosialisasi ajakan ber-KB yang lebih inovatif sehingga masyarakat tertarik. Diperlukan juga kepastian ketersediaan alat kontrasepsi dan distribusi yang tepat di daerah serta pengawasan pelaksanaan program Kampung KB.

”Masyarakat harus diberikan konseling, informasi, edukasi dan advokasi yang efektif dengan muatan dan pesan yang mudah dipahami. Bangun kesadaran untuk menjadi peserta KB,” ucapnya.

Ada pun sasaran yang harus dicapai berdasarkan RPJMN adalah angka kelahiran total 2,33, pemakaian kontrasepsi modern sebesar 60,9 persen, kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi sebesar 10,26 persen.

”Peserta KB aktif 21,7 persen dan tingkat putus pakai kontrasepsi 25,3 persen,” imbuhnya. Hingga September 2017, sudah membangun sebanyak 1.200 kampung KB pada seluruh kota/kabupaten di Indonesia. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here