Black Box

0
90
Dian Fadillah

(Noktah Khatulistiwa)

Oleh: Dian Fadillah, S.Sos
ICMI Orda Kota Tanjungpinang

Kepariwisataan merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan dari suatu agenda perjalanan seorang wisatawan. Suatu kunjungan adalah merupakan ativitas yang dinanti nanti oleh setiap orang di manapun berada apakah di perkotaan ataupun dipedasaan di hari hari biasa (weekday) ataupun hari hari libur (weekend).

Motivasi perjalanan dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal yang secara intrinsik terbentuk karena adanya kebutuhan dan keinginan manusia itu sendiri sebagaimana yang disampaikan Teori Maslow dan diawali dari kebutuhan Fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan social, kebutuhan prestise dan kebutuhan aktualisasi diri. Suatu motivasi Intrinsik dipengaruhi oleh faktor norma sosial, tekanan keluarga dan situasi kerja yang terinternalisasi sehingga berkembang menjadi kebutuhan fisiologis.

Dismping untuk melepaskan diri dari rutinitas dan mengembalikan semangat hidup untuk berkaya dan di samping tujuan lain seperti kunjungan keluarga, pertemuan bisnis atau hanya sekedar jalan jalan saja sembari menikmati kuliner yang varian. Salah satu langkah yang diambil untuk mensukseskan rencana itu adalah mempersepsi daerah kunjungan dengan melihat dan mempertimbangkan transportasi/armada yang digunakan laut, darat ataupun udara. Sebuah pertimbangan akan muncul ke permukaan dengan analisa waktu dan harga berdasarkan budget masing-masing.

Harapan nyata untuk dapat mengunjungi daerah lain atau rindu kampung halaman merupakan fator yang tidak terlepaskan dari daya tarik daerah kunjungan wisata.

Black box sebenarnya tidaklah berwarna hitam tapi berwarna orange yang berfungsi memudahkan pencarian apabila pesawat dalam emergency atau accident. Kotak hitam itu sendiri merupakan sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi yang pada umumnya berhubungan dengan perekam data penerbangan udara (Fligh data recorder) dan perekaman suara kokpit (cockpit voice recorder, CVR) di ruang kemudi dalam pesawat dan sekarang sudah menjadi satu bagian utuh yang diletakkan di ekor pesawat terbang dengan nama combi box recorder yang merupakan kombinasi data untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara air traffic control ATC merupakan bagian yang utuh dan mudah terlepas dari struktur pesawat yang dalam pelaksanaan harus sesuai dengan aircraft tracking system sesuai dengan arahan ICAO (International Civil Aviation Organization) sebuah perusahaan penerbangan sipil internasional yang beranggotakan pemerintah suatu negara, bagian PBB (Persatuan Bangsa Bangsa) serta untuk mengetahui tekanan udara dan cuaca selama perjalanan dilakukan.

Sebuah perjalanan kuat dengan muatan refresh tak terlupakan merupakan suatu kegiatan atau perbuatan, proses, hasil yang dapat mengunjungi atau berkunjung. Suatu lawatan yang perlu diadakan pada prinsipnya suatu kunjungan

· Ingin bersantai, bersuka ria, rileks
· Ingin mencari suasana baru/lain
· Memenuhi rasa ingin tahu dan menambah wawasan.
· Ingin berpetualang dengan mencari pengalaman baru.
· Mencari kepuasan dari yang sudah didapatkan.

Apa hal yang harus dibenahi untuk menantisipasi permasalahan kecelakaan di udara yaitu seberapa siap sebuah armada pesawat melalui perusahaan penerbangan dapat layak terbang merupakan pertanyaan yang perlu dijawab dengan jujur. Permasalahan yang berhubungan dengan masalah teknis apalagi sampai terjadi delay harusnya jangan dianggap sepele untuk sesegera mungkin diselesaikan.

Alternatif tukar pesawat (Change fligh) harusnya menjadi pilihan utama untuk mengamankan nyawa penumpang dan petugas selama penerbangan berlangsung. Kentalnya resiko kematian dalam sebuah permaslahan perjalanan udara akan menjadi presidium buruk dalam permasalahan zaman now. Akhirnya, kita berharap dan berdoa semoga yang mendapat musibah diberikan tempat yang terbaik dan keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan menghadapinya. Kita sangat berharap agar kejadian kecelakaan penerbangan ini tidak terulang lagi sehingga menjadi paranoid.

Kita menyadari bahwa kita memerlukan banyak hal yang perlu disikapi secara kohtinuitas untuk melakukan Refleksi besar terhadap armada pesawat terbang Garuda Indonesia, Lion Air, Wing Air, Sriwijaya Air KAL Star, Express Air, Citilink, TransNusa, Batik Air, Air Asia dan Sky terutama Niaga Berjadwal di Indonesia sehingga tidak terus menjadi Noktah yang merupakan titik kecil, bintik yang biasanya berwarna hitam/gelap di negara Indonesia tercinta serta mengupayakan memberikan kenyamanan serta keamanan pada setiap penumpang agar Safe and safety to fly sampai ke tujuan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here