Blanko KTP-el Numpuk

0
42
M Taha

KARIMUN – Warga yang belum memiliki KTP elektronik (KTP-el, kini bisa lebih cepat mendapatkan kartu identitas berupa KTP. Kini stok blanko KTp cukup banyak dan dan pembuatan KTP-el juga lebih cepat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Karimun M Tahar juga berharap warga Karimun yang belum melakukan perekaman data agar datang mengurus KTP-nya.

”Karena stok saat ini sudah banyak dan permohonan pembuatan KTP bisa langsung dilakukan,” sebutnya.

Diakuinya, beberapa waktu lalu sempat terjadi kekosongan blanko KTP-el yang berakibat pihak Disdukcapil tidak dapat memenuhi permohonan pembuatan KTP batu. “Untuk ke depan sampai seterusnya, Insyaallah permohonan kepemilikan KTP-el akan dapat dilayani,” kata M Tahar, Kamis (6/9).

Khusus untuk warga yang tinggal di luar Pulau Karimun dapat memberitahukan ke petugas pelayanan agar menjadi prioritas. “Yang tinggal di luar pulau karimun, mereka harus mengejar jadwal keberangkatan kapal. Terkecuali dari Pulau Moro dan Durai karena tidak ada kapal yang berangkat pada sore hari,” sebutnya.

Bagi penduduk dari luar Karimun, yang hendak memiliki KTP-el Karimun harus melengkapi persyaratan pindah. Termasuk surat pindah dari daerah asal. Tanpa persyaratan itu, tidak akan dilayani.

Selain mengingatkan kepengurusan KTP-el, ia mengimbau agar warga mengurus akte kelahiran anak, dan kartu identitas anak.

“Pengurusan akta lahir akan lebih mudah jika diurus di awal kelahiran dibandingkan setelah anak berusia tahunan atau saat akan masuk sekolah,’ sebutnya.

Jika datang ke kantor Disdukcapil pada pagi hari, permohonan dapat selesai sesuai dengan keinginan pemohon. ”Jika datang sore hari, karena kesibukan staf atau petugas, terpaksa harus selesai keesokan harinya,” sebutnya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here