BLK Kepri Buka Pelatihan Semua Bidang

0
1628
PELATIHAN - Kadisnakertrans Kepri Tagor Napitupulu dan Syuzarlis memberikan arahan kepada peserta pelatihan. F-ISTIMEWA

Program Pengembangan Produktivitas Kewirausahaan

BINTAN – BALAI Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kepri kembali melakukan inovasi, untuk penyediaan keterampilan pemuda/pemudi Kepri. Saat ini, BLK Kepri memprogramkan pengembangan produktivitas, berorientasi kewirausahaan semua bidang. Bagi yang ingin mendaftar, langsung mendaftar ke BLK Kepri, di Batu Sembilan, Kota Tanjungpinang.

Kasubag TU dan Pengelola Pelatihan BLK Kepri Syuzarlis menjelaskan, program yang dijalankan BLK Kepri selama antara lain pelatihan las, otomotif, kelistrikan, bubut, menjahit, konstruksi, elektronik, sampai dengan teknik pendingin. Program ini dilakukan sejak awal, dan tetap dijalankan hingga tahun 2017 ini. Program pelatihan keterampilan itu, lebih cenderung ditujukan bagi pemuda/pemudi yang ingin bekerja di perusahaan, di wilayah Bintan, Tanjungpinang dan kabupaten/kota se-Kepri lainnya.

Namun pada tahun 2017, BLK Kepri menambah program kewirausahaan. Tujuannya, agar peserta yang mengikuti pelatihan, bisa mandiri dan menciptakan lapangan kerja. Tidak hanya mengandalkan bekerja di perusahaan atau instansi terkait.

”Justru itu, kami membuat program pengembangan produktivitas, untuk masa mendatang. Kajian akademisnya sudah kita buat. Bahkan secara kelembagaan, nantinya sudah menjadi Balai Latihan Kerja dan Pengembangan Produktivitas (BLKPP) Kepri,” jelas Syuzarlis yang biasa disapa Pak Ngah ini, Jumat (24/11) siang lalu.

Ke depannya, BLK Kepri akan memberikan pelatihan keterampilan dengan sasaran mengembangkan usaha-usaha yang bersifat wirausaha. Ini ditujukan kepada calon peserta pelatihan yang ingin berwirausaha. Terutama bagi usia produktif (17-35 tahun). Konsep dari program pengembangan produktivitas ini, siapa pun yang ingin mendapatkan pelatihan suatu bidang, langsung mendaftar ke BLK Kepri.

Kemudian, BLK Kepri akan memfasilitasi untuk memberikan pelatihan, yang diinginkan oleh calon peserta pelatihan itu. Dari pendaftaran itu, BLK Kepri akan mencari tenaga ahli yang diperlukan calon peserta pelatihan itu. Setelah pendaftar mencapai jumlah tertentu, BLK Kepri akan menghubungi calon peserta dan memberikan pelatihan.

”Semua bidang kita akomodir, tergantung dari minat calon peserta. Baik itu pelatihan pertanian, peternakan, perikanan, administrasi, komputer, tata rias, sekretaris, operatir alat berat, maupun bidang lain. Dari pelatihan dasar ini, pembinaan selanjutnya kita arahkan kepada instansi terkait,” ujarnya.

”Contohnya untuk bidang pertanian. Peserta awalnya kita latih, tapi untuk pembinaan ke depan, akan menjadi perhatian dari Dinas Pertanian. Sehingga, peserta didik dari BLK Kepri, bisa berwirausaha. Ini lah konsep pengembangan produktivitas dari kami,” sambung Syuzarlis.

Program pengembangan produktivitas ini bisa dilakukan, lanjut Pak Ngah, karena BLK Kepri adalah satu-satunya balai latihan yang dimiliki oleh pemerintah daerah di Provinsi Kepri. Justru itu, program yang dibuat BLK Kepri untuk menyesuaikan keperluan dan peluang kerja bagi anak negeri, di semua bidang. Hal itu sesuai dengan nomenklatur, dan kegiatan BLK Kepri. Sedangkan untuk pembinaan, akan diarahkan kepada OPD terkait.

”Untuk pendaftaran calon peserta, bisa dilakukan setiap jam kerja. Datang langsung ke Kantor BLK Kepri di Batu Sembilan, Tanjungpinang. Peserta bisa mengisi formulir dulu, sebelum kami hubungi untuk mengikuti pelatihan ini,” jelas Pak Ngah.

Menurut Syuzarlis, program pengembangan produktivitas ini dijalankan, karena lebih efektif dan bermanfaat bagi putra daerah di Kepri. Program ini mendorong agar seseorang menjadi wirausaha.

”Untuk pengajuan kelembagaan kami menjadi BLKPP Kepri, kajian akademis sudah siap dan diajukan ke Kementerian Dalam Negeri. Selanjutnya, tinggal menetapkan SK Gubernur untuk dijadikan BLKPP Kepri ini,” jelasnya.

”Tahun 2018 nanti, BLKPP Kepri juga mendapat dukungan program dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. Terutama untuk mendukung program pelatihan ini,” sambungnya.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here