BLK Kepri Intensifkan Kerja Sama ke Semarang

0
1149
KASUBAG TU BLK Kepri Syuzarlis bersama peserta pelatihan menjahit di BLK Kepri, kemarin.f-yendi/tanjungpinang pos

2019, Bikin Pelatihan Keterampilan buat Imigran Asing

BINTAN – Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Kepri, kembali mengintensifkan kerja sama dengan BLK Semarang dan pihak swasta, dalam pembinaan keterampilan anak Kepri, pada tahun 2019 ini. Bahkan, BLK Kepri akan membikin pelatihan keterampilan buat imigran asing di Bhadra Resort Km 25 Toapaya Asri, atas kerja sama dengan International Organization for Migration (IOM).

Kasubag TU BLK Kepri Syuzarlis menjelaskan, pihaknya sudah membuka pendaftaran bagi anak Bintan, Tanjungpinang dan kabupaten/kota di Kepri lainnya, yang ingin mengikuti pelatihan dan pembinaan keterampilan, sejak awal tahun 2019 lalu. Saat ini, sudah lebih dari 100 berkas calon peserta yang ingin mendapatkan pelatihan keterampilan melalui BLK Kepri.

”Upaya ini untuk meningkatkan kompetensi anak Kepri, di bidang tertentu. Tahun 2019 ini, program pelatihan di BLK Kepri lebih luas lagi. Kita bikin kerja sama dengan luar daerah dan pihak swasta,” jelas Syuzarlis, Selasa (15/1) kemarin.

Baca Juga :  Bintan Laguna Resort Berikan Diskon

Sebelumnya, kata Syuzarlis, BLK Kepri sudah menjalin kerja sama dengan BLK Semarang (Jateng), BLK Bandung (Jabar) dan beberapa BLK luar Kepri. Kerja saja itu akan diintensifkan kembali, pada tahun 2019 ini.

”Di awal tahun ini, sudah ada komunikasi kita dengan BLK Semarang. Anak-anak Kepri yang berminat dan serius, akan kita latih di BLK Semarang. Yaitu di bidang komputer dan garmen (menjahit pakaian). Untuk komputer, nanti banyak jurusannya,” katanya.

Seratusan calon peserta yang sudah menyerahkan formulir pendaftaran ke BLK Kepri, lanjut Syuzarlis, akan segera dihubungi dan ditawari untuk menjalani pelatihan di BLK Semarang. Saat dihubungi via telepon, pihak BLK Kepri akan langsung tes wawancara.

Baca Juga :  Dimana-mana Bagikan Air, Tetap Kurang

”Peserta yang benar-benar serius, yang kita kirim nanti,” tegas pria yang biasa disapa Pak Ngah ini.

Selain kerja sama dengan BLK Semarang, Pak Ngah menyebutkan, BLK Kepri sudah merancang kerja sama dengan IOM. Dalam kerja sama ini, BLK Kepri akan menjadi pendamping sekaligus menyediakan instruktur pelatihan, bagi ratusan imigran asing yang dititipkan IOM di Hotel Bhadra Resort di Km 25, Toapaya Asri.

”Para imigran asing itu, nantinya kita latih. Sehingga, mereka punya keterampilan dan menghasilkan produk atau karya nyata. Kerja sama ini sudah kita rancang, tinggal tindak lanjut,” jelasnya.

Kemudian, BLK Kepri juga akan menangkap peluang program pelatihan (workshop) yang akan dibuka oleh investasi PT BAI di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Bintan. Hal ini sejalan dengan upaya Pemprov Kepri dan Pemkab Bintan, saat peresmian KEK Galang Batang, belum lama ini.

Baca Juga :  Ironman 70.3 Bintan Peringkat Ketiga Dunia

”Jika perusahaan di KEK Galang Batang memerlukan tenaga kita, BLK Kepri siap menurunkan instruktur. Atau kami juga siap menyalurkan anak Kepri yang sudah dilatih ngelas atau perbengkelan, bekerja di KEK Galang Batang ini,” sebut Syuzarlis.

Menurutnya, investasi di Kepri cukup banyak yang memerlukan tenaga kerja, untuk saat ini. Justru itu, anak Kepri yang ingin mendapatkan pelatihan melalui BLK, segera mendaftar dan mengisi formulir di Kantor BLK Kepri, Batu Delapan, Tanjungpinang.

”Selain melatih anak Kepri, untuk mendapatkan peluang kerja, BLK Kepri juga memberikan keterampilan untuk menjadikan generasi muda yang mandiri,” demikian dipaparkan Syuzarlis. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here