BMKG Deteksi 10 Titik Api

0
269
PETUGAS menunjukkan beberapa titik hotspot atau titik api yang terdeteksi oleh satelit milik Stasiun BMKG Tanjungpinang. F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos
Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, mendeteksi ada 10 titik panas (hotspot) di Provinsi Kepri.

TANJUNGPINANG – Salah satu Prakirawan Stasiun BMKG Tanjungpinang, Ardhito menuturkan, terdeteksi dilakukan mulai, 2 Agustus lalu. Terdapat lima hotspot di daerah Kabupaten Natuna.

Kemudian, pada 3 Agustus 2019, hotspot kembali terdeteksi tiga titik yang berada di dua daerah, yakni dua berada di Kabupaten Karimun dan satu Kota Batam. Selanjutnya, 4 Agustus 2019, di daerah Kota Batam menambah satu titik api lagi.

”Saya belum dapat kabar dari kawan-kawan di daerah sana, apa penyebabnya namun sudah terdeteksi titik apinya,” kata Ardhito kepada Tanjungpinang Pos, Senin (5/8).

Munculnya titik api, kata Ardhito, bisa saja berasal dari puntung rokok yang dibuang di hutan atau lahan kering. Ada juga prilaku masyarakat bakar sampah di pemukiman.

Ia menuturkan, bisa saja api yang masih menyala ditinggalkan begitu saja. Percikan api berasal dari sampah yang dibakar yang kemudian merambat atau menjalar ke lainnya karena dibiarkan.

Kemudian, ada juga prilaku oknum masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar hutan.

Dengan tindakan tersebut, didukung dengan kondisi cuaca saat ini panas disertai angin kencang mudah mebimbulkan api. Tanpa disadari bisa mengakibatkan kebakaran.

Tiupan angin sudah mencapai kisaran 30-40 kilometer per jam. Sedangkan suhu udara kiaaran 25-32 derajat celsius.

”Ini bisa dua sampai tiga hari ke depan,” terang dia.

Ia berharap, masyarakat tetap waspadai timbulnya hotspot atau titik api akibat kebakaran lahan atau hutan yang didukung oleh suhu tinggi dan tiupan angin yang cukup kuat saat ini.

”Diwaspadai juga pohon yang sudah lapuk dan reklame yang rapuh,” imbaunya.

Ia menilai kondisi cuaca seperti ini, berpotensi membuat tumbang. Hal ini perlu diwaspadai masyarakat agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. (Andri DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here