BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim Seminggu Ini

0
200

TANJUNGPINANG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang merilis potensi hujan lokal maupun merata dengan intensitas hujan lebat disertai dengan petir untuk wilayah Tanjungpinang dan Bintan satu minggu ke depan.

Prakirawan cuaca BMKG Kota Tanjungpinang, Diana Siregar mmenuturkan, berdasarkan analisa dinamika atmosfer sepanjang November, Indeks ENSO berada dalam kategori El Nino sedang dan terus menghangat.

Kemudian, Indeks Dipole Mode (DM) berada dalam kategori positif (+) yang menandakan adanya pergerakan massa uap air dari wilayah Indonesia menuju wilayah Samudra Hindia maupun sebaliknya.

Berdasarkan peta prediksi spasial anomali OLR, selamaDesember dasarian II wilayah Indonesia didominasi wilayah subsiden yang dapat menghambat pertumbuhan awan.

Aliran massa udara di sekitar ekuator Indonesia menjadi wilayah pertemuan Angin Timuran dan Baratan, Angin Timuran mendominasi disekitar Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan selatan Papua. Sedangkan, Angin Baratan mendominasi sekitar Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Papua.

Ia menuturkan, belokan angin terjadi hampir diseluruh wilayah Indonesia yang dapat meningkatkan pembentukan awan hujan terutama disekitar ekuator.

Sementara, suhu muka laut di wilayah Kepri khususnya perairan Pulau Bintan umumnya masih hangat berkisar antara 28-30 oC dan anomali SST berkisar 0 hingga +1. Ini dinilai cukup mendukung konvektifitas antara atmosfer dan lautan.

Diana mengingatkan masyarakat Kepri tetap waspada terhadap gelombang tinggi saat melakukan aktivitas di tengah laut. Berpotensi gelombang tinggiterjadi seminggu ke depan untuk wilayah Tanjungbalai Karimun, Batam, Lingga, Bintan dan Tanjungpinang. Diperkirakan mencapai 1.5 meter dan Anambas serta Natuna dapat mencapai 2-3 meter.

“Waspadai juga pertumbuhan awan cumulonimbus pada siang-sore hari. Awan tersebut dapat menyebabkan hujan disertai petir,” tuturnya. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here