BMKG Prediksikan Cuaca Masih Cerah Berawan

0
538
PRAKIRAWAN Stasiun BMKG Tanjungpinang Bhakti Wira Kusumah melihat monitor, untuk mengetahui peredaran angin dan kelembaban cuaca, Rabu (21/2) kemarin. f-ANDRI/tanjungpinang Pos

TANJUNGPINANG – Stasiun BMKG Tanjungpinang memperkirakan cuaca wilayah Provinsi Kepri, khususnya di Pulau Bintan (Tanjungpinang-Bintan), masih tetap cerah dan berawan. Kondisi cuaca seperti ini diprediksi sampai tiga hari ke depan.

Hal itu diungkapkan Prakirawan Stasiun BMKG Tanjungpinang Bhakti Wira Kusumah, saat memonitor di ruang kerjanya, Rabu (21/2) kemarin.

Dengan kondisi seperti ini, kata Bhakti, belum ada terlihat tanda-tanda potensi turunnya hujan di Pulau Bintan, termasuk di Kota Tanjungpinang. Selain disebabkan faktor angin yang berhembus menghalangi awan konfektif, pelembaban udara di lapisan atas masih cukup rendah. Pelembaban udara dilapisan atas berkisar 55 persen, hingga 90 persen.

Baca Juga :  Tahun Depan, Perumahan THI Bebas Banjir

Pelembaban udara tersebut terbilang cukup rendah, terjadi pada siang hari. Sehingga membuat potensi turun hujan untuk membasahi ibu kota Provinsi Kepri, cukup kecil. ”Kalau pelembabannya mencapai 80 persen, baru bakal terlihat tanda potensi hujan yang akan turun. Kondisi seperti itu pun, belum tentu akan terjadi turun hujan,” ucap Bhakti, Rabu kemarin.

Saat ini, angin masih tetap berhembus dari utara ke selatan. Kecepatan angin berkisar antara 5 sampai 30 kilometer per jam. Tiupan angin ini masih terbilang normal. Sehingga tak berdampak langsung pada gelombang di perairan Provinsi Kepri. Baik itu di perairan Tanjungpinang, Bintan, Batam, Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas. Tinggi gelombang di perairan Tanjungpinang, Batam, dan Karimun berkisar 0,2-0,8 meter. Sedangkan di perairan laut Bintan dan Lingga berkisar 0,5-0,8 meter. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here